Akhir-akhir ini marak sekali terjadinya body shaming, baik di dunia nyata ataupun di dunia maya, khususnya sosial media. Seperti yang kita tahu bahwa body shaming adalah ejekan yang dilontarkan karena bentuk tubuh yang kurang baik, misalnya gemuk. Kalimat body shaming yang seringkali kita dengar seperti “ih, badan kamu kok gendut sih?” Atau “kamu gendutan ya?“.

Meskipun kalimat tersebut terdengar sederhana, tapi tahukah kamu bahwa dengan kalimat tersebut bisa membuat tak enak hati? Oleh sebab itu, apapun alasannya, body shaming memang tidak layak dilakukan.

Namun, bagaimana jika kamu mendapatkan perlakuan body shaming dari orang lain? Apa yang akan kamu lakukan? Jangan takut atau berkecil hati, berikut adalah tips mengahadapi body shaming yang bisa kamu lakukan, diantaranya:

Baca juga: Grogi Saat Mengajak Pasangan Kencan? Ikuti 3 Cara Mudah ini!

1. Berani Berbicara

Rata-rata orang yang mendapatkan perlakuan body shaming akan diam dan tidak melakukan perlawanan. Alasannya, mereka terlalu takut untuk melawan. Padahal, dengan kamu diam mereka akan semakin menjadi-jadi dan terus memperlakukanmu dengan kurang baik. Oleh karenanya, cobalah berani berbicara dan lawan mereka saat mengejek bentuk tubuhmu.

2. Cintai Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri merupakan cara utama yang bisa kamu lakukan untuk mensyukuri apapun yang ada di dalam dirimu sendiri. Sebab, kamu akan mengerti bahwa tidak ada makhluk hidup yang diciptakan dengan sempurna. Semua orang pasti memiliki kekurangan masing-masing, begitu pula pada pelaku body shaming. Jika kamu ingin berubah, berubahlah sesuai dengan keinginanmu sendiri, bukan dengan orang lain.

3. Tonjolkan Kelebihanmu

Meskipun tidak ada makhluk hidup yang diciptakan sempurna, tapi bukan berarti tidak memiliki kelebihan. Saat kamu menerima perlakuan body shaming, tunjukkan bahwa kamu juga memiliki kelebihan lain yang bisa bermanfaat untuk orang lain. Dengan begitu, si pelaku body shaming akan merasa malu karena telah merendahkanmu.

4. Tetap Bergaul dengan Orang Lain

Tidak menutup kemungkinan bahwa para penerima body shaming kerap menutup diri dan tidak mau bergaul dengan orang lain. Hal ini dikarenakan mereka merasa malu dan kurang percaya diri akan kekurangan pada tubuhnya. Sebaiknya, tetaplah bergaul dengan orang lain. Tingkatkan rasa percaya dirimu dan yakinlah bahwa kamu pantas berada di tengah-tengah mereka.

Well, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba ketika sedang menghadapi body shaming dari orang lain. Jangan berdiam diri saat orang lain merendahkanmu. Tunjukkan bahwa kamu juga memiliki kecantikan dan kelebihan yang bisa dibanggakan!

Author  : Eva
Editor   : Maulana Affandi