Satu-satunya cara untuk mendapatkan uang adalah bekerja, baik bekerja dengan membuat bisnis sendiri ataupun bekerja di perusahaan orang lain alias sebagai karyawan.

Menjadi seorang karyawan tidaklah mudah, terlebih lagi saat masih baru bekerja atau istilahnya karyawan baru.

Ada beberapa hal bisa membuatmu merasa kesulitan, seperti pekerjaan yang harus dilakukan, lingkungan kerja, bahkan teman kerja terkadang juga bisa membuatmu merasa tertekan di kantor.

Nah, berikut adalah 5 tips bagi kamu yang masih menjadi karyawan baru agar disukai oleh teman kerja satu kantor.

1. Murah Senyum

Menurutmu, apa yang membuat orang terkesan saat melihatmu untuk pertama kali? Pasti senyuman, bukan? Hal ini berlaku bagi kamu yang sekarang menjadi karyawan baru di sebuah perusahaan. Jangan pelit senyum. Lemparkan senyummu agar orang yang melihatmu merasa senang.

2. Ramah

Sebagai karyawan baru, tidak ada salahnya jika kamu mencoba ramah dan menegur terlebih dahulu kepada teman kerja di kantor supaya mereka tidak mengira bahwa kamu adalah orang yang sombong.

3. Membuka Pembicaraan

Membuka pembicaraan terlebih dahulu juga bagus. Tujuannya adalah supaya mereka bisa nyaman berkomunikasi denganmu. Kamu bisa membahas tentang pekerjaan atau ceritakan pengalamanmu dalam bekerja. Jika memungkinkan, kamu bisa mengobrol tentang apa saja kesukaanmu dan juga dia.

4. Berkata Sopan

Jangan lupa untuk selalu berkata sopan kepada semua orang, termasuk teman sekantor. Sebab dengan kata-kata yang sopan, kamu akan dihargai oleh mereka. Begitu juga sebaliknya, ketika kamu tidak bisa menjaga ucapan, maka kamu akan dihindari bahkan dibenci.

5. Jangan Sok Tau

Walaupun sebelumnya kamu memiliki pengalaman yang lebih banyak dari mereka, sebaiknya jangan menunjukkan sikap sok tau. Dijamin, kamu tidak akan disukai oleh teman kerjamu. Ada baiknya jika kamu tetap rendah hati dan tidak mencoba untuk menggurui teman yang belum paham dengan pekerjaannya.

Nah, itulah beberapa tips buat anak baru agar bisa beradaptasi dengan cepat di lingkungan kerja.

Author  : Eva E.T
Editor   : Maulana Affandi