Pendidikan memang menjadi salah satu pilar yang bisa menghantarkan seseorang menuju kesuksesan. Namun, pendidikan bukanlah satu-satunya faktor penentu kesuksesan. Pasalnya, masih ada faktor lain yang mempengaruhi kesuksesan orang, meliputi kerja keras, kreativitas, relasi, ide cemerlang, pengalaman, dan masih banyak lagi.

Hal itu dibuktikan dengan beberapa tokoh di bawah ini yang mana mereka pernah putus sekolah, namun berhasil menciptakan karya yang membuat nama mereka melejit dan dikenal oleh semua orang. Siapa saja tokoh tersebut? Berikut diantaranya.

Baca juga: 7 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

1. Kolonel Harland Sanders

Kolonel Harland Sanders
photo: kumparan

Siapa sangka tokoh pendiri Kentucky Fried Chicken ini tidak pernah merasakan bangku perkuliahan. Bahkan, sejak usia 6 tahun, Ayahnya meninggal sehingga ia harus memasak dan mengurus rumah seorang diri karena Ibunya bekerja.

Hingga akhirnya ia putus sekolah dan bekerja di beberapa tempat, seperti kapal uap, pemadam kebakaran, hingga perusahaan asuransi. Kemudian pengalaman memasaknya dari kecil itulah yang menjadi modal besar hingga akhirnya dia bisa mendirikan perusahaan makanan cepat saji terbesar di dunia, yaitu KFC.

2. Walt Disney

Walt Disney
photo: republika

Walt Disney adalah tokoh besar pendiri The Walt Disney Company, perusahaan yang bergerak dalam bidang industri hiburan dan media. Namun, di balik kesuksesannya di dunia hiburan, ternyata Walt Disney pernah putus sekolah.

Dikutip dari laman Biography, Walt Disney pernah putus sekolah saat usia 16 tahun karena menjadi tentara. Karena masih terlalu belia, dia ditugaskan menjadi seorang sopir ambulan yang seluruh permukaan mobilnya dipenuhi animasi kartun. Dari situlah ia mulai terinspirasi untuk membuat karakter-karakter kartun dan mulai mendirikan usahanya.

Dikabarkan jika Walt Disney pernah kursus malam di Academy of Fine Arts di Chicago sehingga dia memiliki kemampuan seni yang akhirnya membawanya menjadi tokoh hiburan dunia.

3. Thomas Alva Edison

Thomas Alva Edison
photo: okezone

Thomas Alva Edison adalah seorang penemu dan pengusaha yang bisa dibilang paling produktif. Tercatat, lebih dari 1.000 hak paten atas namanya. Di antara banyak karya, yang paling fenomenal adalah bola lampu listrik dan fonograf.

Dinukil dari NPS, Edison pernah putus sekolah sehingga ia harus menempuh pendidikan formal selama 3 bulan. Beruntung, Ibunya adalah seorang guru sehingga Edison bisa mendapat pendidikan dari rumah.

Baca juga: 11 Situs Jurnal Internasional Gratis untuk Mahasiswa

4. John D. Rockefeller

John D. Rockefeller
photo: medium

John D. Rockefeller adalah seorang pebisnis ulung asal Amerika Serikat yang menghasilkan miliaran dolar dari usahanya, yaitu Standard Oil Company. Dikutip dari laman Britannica, Rockfeller pernah putus sekolah dan mengambil kursus bisnis di Folsom Mercantile College.

Setelah usahanya mulai menuai kesuksesan, ia kemudian memiliki perhatian lebih dengan pendidikan dunia dan menghibahkan sejumlah uangnya untuk mendirikan Universitas sekaligus memberi beasiswa bagi siswa berprestasi.

5. Steve Jobs

Steve Jobs
photo: intisari

Siapa yang tidak kenal dengan Steve Jobs? Dia adalah pendiri perusahaan Apple yang kini tengah merajai pasar gadget dunia. Namun, di balik kesuksesannya, ternyata Steve Jobs pernah memiliki riwayat pendidikan yang kurang apik.

Dinukil dari laman Biography, Steve Jobs pernah menempuh pendidikan di Reed College di Portland, Oregon, tetapi ia hanya 1 semester saja, dia keluar. Kemudian, Jobs belajar spiritualisme Timur di India hingga ia kembali ke Amerika Serikat dan menemui Steve Wozniak untuk memulai bisnis bersama.

6. Diana Spencer

Diana Spencer
photo: quora

Diana adalah seorang penyanyi sekaligus istri pertama dari Charles, Pangeran Wales, anak sulung dari Ratu Elizabeth II. Dilansir dari laman Business Insider, Diana Spencer pernah gagal dalam ujian O-Level (ujian untuk gadis berusia 16 tahun di Inggris untuk menentukan tingkat pendidikan).

Kemudian ia meninggalkan West Heath dan sekolah di Swiss selama beberapa waktu. Tak dinyana, ternyata wanita yang pernah gagal dalam ujian ini kemudian menjadi seorang tokoh yang amat terkenal hingga pada 1981, Diana bertunangan dengan Pangeran Charles.

Baca juga: 5 Pekerjaan Lulusan Sastra Jepang dengan Gaji Tinggi

7. Jack Dorsey

Jack Dorsey
photo: pikiran-rakyat

Jack Dorsey adalah pendiri Twitter, salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia. Jack Dorsey sangat tertarik dengan dunia software dan komputer dari kecil hingga ia memutuskan untuk kuliah di Missouri University of Science and Technology.

Namun, tak berapa lama, ia pindah ke New York University. Di sinilah ia mengembangkan minatnya dan kemudian berhasil menciptakan Twitter. Namun, karena terlalu fokus dengan karyanya, Jack Dorsey tidak fokus kuliah hingga ia berhenti tengah jalan. Namun, siapa sangka ternyata karyanya sangat fenomenal dan membuatnya menjadi salah satu tokoh besar dunia.

Nah, itulah sederet tokoh besar yang tidak lulus kuliah. Dari kisah-kisah itu kita bisa mengambil kesimpulan bahwa putus sekolah atau tidak kuliah bukanlah penghambat untuk menuju kesuksesan. Jadi, tetap semangat untuk berkarya, ya! Jangan lupa share artikel Sastrawacana untuk berbagi semangat kepada semua orang.