QS World University Rankings kembali merilis peringkat Universitas terbaik di dunia pada tahun 2020. Untuk diketahui, QS World University Rankings adalah publikasi tahunan peringkat Universitas yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS).

Peringkat ditentukan berdasarkan beberapa kategori penilaian seperti produktivitas, dampak penelitian, hasil nilai, kualitas karya akademis, kualitas tenaga pendidik, reputasi akademis, respons masyarakat, serta banyak aspek lainnya.

Nah, untuk tahun 2020 ini, nama-nama Universitas yang masuk peringkat tertinggi masih sama, hanya saja ada sedikit pergeseran posisi. Agar lebih jelas, berikut 7 Universitas terbaik dunia versi QS World University Rankings.

Baca juga: 7 Kampus dengan Perpustakaan Paling Bagus di Dunia

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Massachusetts Institute of Technology (MIT)
photo: MIT News

Institut Teknologi Massachusetts, adalah institusi riset swasta dan universitas yang terletak di kota Cambridge, Massachusetts tepat di seberang Sungai Charles dari distrik Back Bay di Boston, Amerika Serikat.

2. Stanford University

Stanford University
photo: collegeconsensus.com

Leland Stanford Junior University yang lebih dikenal dengan nama Universitas Stanford adalah sebuah universitas swasta terbaik yang terletak kira-kira 60 kilometer di tenggara San Francisco dan kira-kira 30 km di timur laut San Jose di wilayah Kabupaten Santa Clara yang belum diresmikan sebagai kota.

Baca juga: 11 Situs Jurnal Internasional Gratis untuk Mahasiswa

3. Harvard University

Harvard University
photo: knowledgiate.com

Universitas Harvard adalah universitas swasta di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat dan anggota Ivy League. Universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik dunia.

4. University of Oxford

University of Oxford
photo: thetimes.co.uk

Universitas Oxford adalah perguruan tinggi tertua berbahasa Inggris yang berlokasi di kota Oxford, Inggris. Sejarah universitas ini dapat ditelusuri paling tidak mulai akhir abad ke-11.

5. California Institute of Technology (Caltech)

California Institute of Technology (Caltech)
photo: topworldirectory.com

California Institute of Technology, biasanya dikenal dengan Caltech, adalah sebuah universitas swasta yang terbuka untuk laki-laki dan perempuan dan terletak di Pasadena, California, di Amerika Serikat. Universitas ini merupakan salah satu universitas paling terkemuka dalam riset.

Baca juga: 5 Ciri-Ciri Beasiswa Palsu yang Harus Kamu Waspadai

6. ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology

ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology
photo: pinterest

Institut Teknologi Konfederasi Zürich, yang dalam bahasa Jerman disebut Eidgenössische Technische Hochschule Zürich, merupakan salah satu universitas paling terkemuka di Swiss.

7. University of Cambridge

University of Cambridge
photo: legalcheek.com

Universitas Cambridge adalah universitas tertua kedua dalam dunia bahasa Inggris, dengan persyaratan masuk yang paling ketat di Britania Raya, dan salah satu yang paling ketat di dunia.

Baca juga: Cara Mengetahui Tugas Kuliah Hasil Copas

8. University College London (UCL)

University College London (UCL)
photo: Financial Times

University College London adalah universitas riset publik di London, Inggris dan perguruan tinggi konstituen dari federasi Universitas London. University College London dianggap sebagai salah satu universitas paling bergengsi di dunia dan merupakan lembaga pendidikan tinggi terbesar di area London.

9. Imperial College London

Imperial College London
photo: glassdoor.com

Imperial College London adalah perguruan tinggi negeri riset di Inggris. Didirikan oleh Pangeran Albert, perguruan ini didirikan untuk menggiatkan pendidikan di bidang sains, perdagangan, dan seni.