Bekerja adalah satu-satunya cara terbaik untuk mendapatkan uang. Walau uang bukan segalanya, tapi ingatlah bahwa segala sesuatu membutuhkan uang. Seperti yang kita tahu bahwa uang sangat dibutuhkan guna kelangsungan hidup manusia. Dengan uang, kita bisa memenuhi segala kebutuhan seperti sandang, pangan, papan, dan kebutuhan lainnya.

Dalam bekerja, kita bisa memilih jenis pekerjaan yang kita sukai dan juga berdasarkan kemampuan yang kita miliki. Kita bisa bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan atau membuka usaha atau bisnis sendiri.

Bagi kamu yang memang tidak ingin bekerja sebagai karyawan kantoran karena terikat, kamu bisa memilih untuk membuka usaha sendiri. Dengan begitu, kamu bisa lebih bebas dalam mengembangkan usahamu.

Namun, ketika ingin membuka usaha sendiri, jangan sampai kamu salah memilih. Sebab, bukannya untung dan usahamu bisa berkembang, tapi justru akan membuatnya gulung tikar. Nah, berikut adalah jenis usaha yang hanya membutuhkan sedikit modal namun diyakini dapat memberikan hasil yang menjanjikan, diantaranya:

Baca juga: Sudah Kerja Keras Tapi Kenapa Tak Kunjung Kaya? Inilah Penyebabnya

1. Usaha Waralaba atau Franchise

waralaba
Photo: pexels

Jika kamu memiliki cukup modal namun masih belum yakin dengan kemampuan dalam membangun usaha, kamu bisa memilih usaha waralaba atau franchise. Kamu hanya perlu mengikuti konsep yang sudah ditentukan oleh sang pemilik usaha. Dan juga, kamu tidak perlu takut atau bingung dalam menjalankannya karena sang pemilik usaha akan membantumu. Oleh sebab itu, usaha ini juga sangat cocok bagi pemula yang ingin membangun usaha sendiri. Sampai sekarang, ada banyak usaha franchise yang hasilnya juga menjanjikan, seperti kebab, martabak dan terangbulan, ayam geprek, mie, cincau station, dan masih banyak lainnya.

2. Usaha Bisnis Online

online shop
Photo: pexels

Tidak perlu dipungkiri lagi bahwa internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi kelangsungan hidup manusia. Dengan internet, segalanya akan lebih mudah untuk dilakukan, tidak terkecuali dalam membangun usaha. Kamu bisa merintis bisnis online dengan membuka sebuah toko online yang menjual berbagai macam produk, seperti pakaian, akseseoris, perabotan rumah, dan masih banyak lainnya. Kamu tidak perlu membangun sebuah toko, sebab kamu hanya cukup berjualan menggunakan ponsel dan jaringan internet saja. Sepanjang tahun ini, usaha bisnis online hasilnya sangat menjanjikan. So, kamu bisa mencoba sendiri ya.

Baca juga: 5 Cara Menjadi Freelancer Sukses Hanya Dalam Hitungan Hari

3. Usaha Bidang Jasa

tukang cukur
Photo: pexels

Seiring berjalannya waktu, pertumbuhan manusia juga semakin pesat. Tidak menutup kemungkinan, kebutuhan manusia akan jasa juga akan meningkat. Peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka sebuah usaha di bidang jasa yang dapat membantu memudahkan segala keperluan mereka. Usaha di bidang jasa yang bisa kamu lakukan adalah seperti jasa pemandian motor dan mobil, jasa laundry, jasa potong rambut, jasa percetakan, dan lain sebagainya.

Nah, itulah ketiga jenis usaha yang bisa kamu bangun sendiri tanpa harus mengeluarkan modal yang cukup banyak namun tetap menjanjikan. Selamat mencoba!

Author  : Eva