Beranda Terkini 8 Virus Paling Mematikan Sepanjang Sejarah

8 Virus Paling Mematikan Sepanjang Sejarah

7
0
virus mematikan

Saat ini kita sedang dihebohkan dengan mewabahnya virus COVID-19 atau yang lebih akrab disebut sebagai corona. Sangking cepatnya penyebaran virus ini. WHO selaku organisasi kesehatan dunia menetapkan wabah ini sebagai pandemi karena sudah banyak menelan korban nyawa.

Namun, bicara tentang virus, tahukah kamu bahwa COVID-19 bukanlah satu-satunya virus mematikan di dunia ini. Pasalnya, sebelum mewabahnya corona, dunia juga pernah diserang oleh beberapa virus mematikan lainnya. Lantas, apa saja virus mematikan tersebut? Berikut diantaranya.

Baca juga: Sebelum Corona, Indonesia Pernah Diserang Wabah Pes

Daftar Isi

1. Virus Ebola

Virus Ebola adalah salah satu virus terjahat sepanjang sejarah. Sebab, virus ini bisa membuat seseorang mengalami pendarahan serius, kegagalan organ dan berujung kematian. Menurut informasi yang dihimpun, virus ini pertama kali ditemukan di Afrika pada tahun 1976. Namun, pada tahun 2014 hingga 2016 adalah wabah Ebola terbesar sepanjang sejarah kesehatan yang memakan korban hingga 11 ribu jiwa.

2. Hantivirus

Hantavirus adalah salah satu virus yang membuat gangguan pada paru-paru atau pembuluh darah dan ginjal. Parahnya, virus ini bisa membunuh hanya dalam hitungan jam saja. Umumnya, seseorang yang terkena hantavirus akan mengalami flu, namun beberapa saat kemudian, akan mengalami kesulitan bernapas hingga akhirnya kondisi semakin memburuk. Penyebaran virus ini bisa melalui kontak langsung dengan feses, urin, dan air liur tikus yang terinfeksi.

3. HIV

virus hiv

HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang menyerang sistem imun tubuh. Seseorang yang terkena virus ini akan mudah terserang penyakit karena kekebalan tubuhnya sudah rapuh. Penyebaran HIV bisa dari hubungan seksual dan menggunakan jarum suntik bersamaan. Meski tidak langsung merenggut nyawa, virus ini cukup mengkhawatirkan karena mengancam kesehatan secara berkala.

Baca juga: Takut Corona, Warga Singapura Borong Kondom!

4. Marburg

Virus Marburg hampir sama dengan Ebola. Gejalanya adalah kejang-kejang dan pendarahan pada selaput lendir, kulit, serta organ tubuh manusia. Angka kematian kasus ini sangat bervariasi, mulai dari 25% di tahun 1967 hingga lebih dari 80% di Kongo tahun 1998-2000 dan di Angola tahun 2005. Penularan virus ini bisa karena kontak darah maupun cairan pada orang yang terinfeksi.

5. Rabies

Rabies juga dikenal dengan istilah “anjing gila” karena ditularkan oleh air liur anjing yang terinfeksi. Meski begitu, sebenarnya penyebarannya tidak hanya melalui anjing saja, tapi juga bisa dari tikus, kucing, dan mamalia lainnya. Virus ini bisa menyerang saraf dan sistem otak sehingga bisa mempengaruhi perilaku penderitanya.

6. Influenza

Influenza memang tergolong sebagai penyakit ringan dan sering dialami oleh kebanyakan orang. Namun jangan salah. Influenza memiliki jenis yang cukup beragam. Salah satu jenis yang cukup memakan banyak korban adalah flu burung (H5N1) dan flu babi (H1N1). Virus ini tidak bisa dipandang remeh karena penyebarannya mudah dan cepat.

Baca juga: 4 Cara Alami Mengatasi Hidung Tersumbat dan Berair

7. Dengue virus (DENV)

Virus dengue atau Dengue virus adalah spesies virus yang menyebabkan demam berdarah dengue. Virus ini ditempatkan dalam genus Flavivirus dan keluarga Flaviviridae. Virus dengue ditularkan melalui nyamuk. Lima serotipe virus telah ditemukan, yang semuanya dapat mengakibatkan spektrum penuh penyakit.

8. COVID-19

virus corona

COVID-19 adalah salah satu jenis virus yang sangat mematikan. Saat ini dunia guncang dibuatnya. Penyebaran virus ini bisa melalui kontak langsung ataupun dari percikan droplet orang yang terinfeksi. COVID-19 menyerang sistem pernapasan sehingga membuat penderitanya merasa sesak napas dan bisa berakibat fatal.

Nah, itulah beberapa virus mematikan sepanjang sejarah. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.