Webtoon adalah sebuah komik online yang berasal dari Korea Selatan. Awalnya, komik online ini hanya bisa kita baca di aplikasi LINE, yang di dalamnya terdapat fitur LINE Webtoon. Namun, saat ini kita bisa membacanya dengan cara mendownload aplikasi Webtoon itu sendiri, yakni Webtoon Indonesia dan Naver. Aplikasi tersebut bisa kita download secara gratis di Playstore.

Apakah kamu juga termasuk penggemar webtoon? Jika iya, selamat! Sebab, ada beberapa Webtoon baru yang terbit di penghujung tahun ini, mulai dari Webtoon bergenre horor, romantis, fantasi, drama, hingga komedi. Lantas, apa saja Webtoon yang terbit pada penghujung tahun 2018? Simak berikut ini.

Baca juga: 5 Aplikasi Chat Online Legendaris yang Sempat Hits Pada Jamannya

1. 9 Lives

webtoon 9 lives

Webtoon pertama yang terbit di penghujung tahun 2018 ini, tepatnya pada tanggal 7 Oktober lalu adalah 9 Lives. Webtoon ini bergenre fantasi karena bercerita tentang seekor raja kucing yang bernama Caius. Caius memiliki sembilan nyawa. Namun, nyawa terakhirnya telah ia berikan pada seorang wanita bernama Nao yang tengah sekarat. Nao kembali hidup berkat nyawa yang diberikan oleh Caius. Akan tetapi, efek samping dari nyawa yang diberikan tersebut adalah Nao juga berubah menjadi seekor kucing pada malam hari. Webtoon ini diciptakan oleh author yang bernama Aoi/Kyorin dan terbit setiap hari Senin.

2. Between Us

webtoon between us

Between us merupakan salah satu Webtoon asal Jepang yang diciptakan oleh author bernama Tino dan terbit pada tanggal 14 Oktober. Webtoon ini memiliki genre romantis yang di dalamnya menceritakan tentang rasa suka yang timbul sejak kecil pada temannya sendiri. Kisah tersebut dimulai ketika Micchan dan Shun selalu bermain bersama di tepi sungai.

Namun kemudian, Shun dan orangtuanya pindah ke kota lain sehingga membuat mereka terpisah. Sebelum berpisah, mereka berjanji untuk saling bertemu 5 tahun kemudian di tempat yang sama, yakni di tepi sungai. Lalu, tibalah waktu di mana mereka mengikat janji untuk bertemu. Micchan menunggu di tepi sungai, tapi Shun tak kunjung datang.

Di tengah penantiannya, seorang teman sekolah Micchan bernama Takano, mengutarakan perasaannya. Hal itu membuat Micchan merasa dilema, apakah ia harus menerima cinta Takano atau menolaknya. Sebab, ia masih tetap ingin menunggu Shun. Nah, jika kamu penasaran dengan ceritanya, kamu bisa baca langsung cerita Between Us terbit yang setiap hari Senin.

3. Young Mom

webtoon young mom

Beralih ke salah satu Webtoon yang terinspirasi oleh kisah nyata yang terjadi di Thailand, yakni Young Mom. Webtoon yang diciptakan oleh Theterm ini mulai terbit pada tanggal 23 Oktober. Tokoh utama dalam komik ini adalah Lani, seorang pelajar yang dihamili oleh pacarnya akibat pergaulan yang salah.

Walau konten cerita di dalamnya berisi muatan orang dewasa dan tidak patut dicontoh, tapi ada pesan moral yang bisa diambil di dalamnya. Misalnya tokoh Lani yang merupakan wanita tangguh. Ia tidak mau membebani orang lain ke dalam masalah yang ia alami, termasuk orang tuanya.

Sehingga ia memutuskan untuk kuliah di luar kota dan hidup sendiri agar kandungannya tidak terlihat oleh orang tuanya. Beruntung, Lani bertemu dengan tetangga yang baik hati bernama JenN dan juga perawat bernama Noph. Panasaran dengan kelanjutan kehamilan Lani? Ikuti terus setiap episodenya yang terbit setiap hari Senin dan Rabu.

4. Warung

webtoon warung

Webtoon selanjutnya adalah Warung. Sesuai judulnya, Webtoon ini berasal dari Indonesia yang diciptakan oleh Yupit. Webtoon yang mulai terbit pada tanggal 14 November ini memiliki genre Slice of Life (komedi). Menceritakan tentang sebuah keluarga yang terdiri dari Pak Su sebagai kepala keluarga (Ayah), ibu Siti (Ibu), Putra, Diah, dan Ayu.

Keluarga ini membuka sebuah warung yang bernama Warung Bu Siti. Karena memilik genre slice of life, Webtoon ini selalu berisi masalah yang terjadi di keseharian keluarga ibu Siti dan masalahnya selalu berubah di setiap episodenya. Warung cocok dibaca ketika suasana hati sedang tidak enak, sebab kamu akan merasa terhibur saat membacanya. Untuk jam terbitnya yakni setiap hari Selasa dan Kamis.

Nah, itulah beberapa Webtoon yang terbit di penghujung tahun 2018 ini. Apakah kamu penggemar Webtoon juga? Kalau benar, yuk share pengalamanmu!

Author : Eva
Editor  : Maulana Affandi