6 Oleh-Oleh Makanan Khas Bekasi yang Rasanya Lezat, Dijamin Ketagihan

Bekasi merupakan salah satu kota yang terbilang unik karena memiliki beberapa campuran budaya diantaranya budaya Betawi, Sunda serta suku-suku lainnya yang menetap di kota tersebut.

Letaknya yang tak jauh dari kota Jakarta, membuat Bekasi menjadi salah satu kota yang terbilang cukup ramai oleh hiruk pikuk aktivitas manusia.

Kendati demikian, kota ini memiliki ragam wisata serta budaya yang tak kalah dengan kota-kota lainnya yang terletak di Indonesia.

Tak hanya itu, Bekasi juga memiliki makanan khas yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh ketika berkunjung, mulai dari makanan berat, hingga jajanan.

Baca juga: Cara Buat Telur Asin dengan Air Garam, Tanpa Abu Gosok

Oleh-Oleh Makanan Khas Bekasi

Nah, jika kamu bingung mencari oleh-oleh Bekasi untuk keluarga atau teman terdekat, berikut adalah beberapa rekomendasinya.

1. Kue Rangi

kue rangi
Kue Rangi (tokomesinkelapa.com)

Kue rangi sebenarnya salah satu makanan khas Jakarta yang dibuat langsung oleh suku Betawi.

Namun, masyarakat Bekasi juga banyak membuat hidangan manis ini untuk cemilan ketika sedang kumpul bersama teman ataupun keluarga.

Kue ini memiliki rasa yang sangat enak yang dibuat dengan bahan dasar sagu, gula, parutan kelapa, serta toping sesuai selera.

Untuk mendapatkan kue manis ini, kamu bisa membelinya di toko oleh-oleh ataupun penjual di pinggir jalan saat berkunjung ke kota Bekasi. Harganya cukup terjangkau, yakni Rp.10.000 per bungkus.

Baca juga: Cara Membersihkan Kulit Sapi dengan Mudah, Tanpa Perlu Dibakar

2. Telur Gabus

Telur Gabus
Telur Gabus (Flickr.com/amie lusuma)

Makanan satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Kue gabus biasanya dijadikan sebagai cemilan atau isi toples ketika lebaran.

Rasanya sangat enak, gurih dan juga mudah dikunyah. Tak heran jika orang yang menikmatinya akan merasa ketagihan dan tidak mau berhenti mengunyah.

Telur gabus bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh ketika pergi ke kota Bekasi. Untuk harganya tidak perlu khawatir mahal, sebab cemilan lezat ini hanya dibanderol Rp.6.000 per kemasan 100 gram.

3. Dodol Betawi

dodol betawi
Dodol Betawi (daaitv.co.id)

Tak hanya pulau Jawa saja memiliki makanan khas dodol, suku Betawi juga memilikinya. Dodol Betawi biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh karena memiliki rasa yang enak.

Sama seperti dodol pada umumnya yang memiliki rasa manis dan legit, namun bedanya dodol Betawi dibentuk lonjong menyerupai empek-empek.

Dodol ini bisa dijumpai dengan mudah di toko oleh-oleh Bekasi dengan harga cukup terjangkau yakni Rp.12.000 hingga Rp.500.000 tergantung ukuran kemasan.

Baca juga: 6 Perbedaan Daging Sapi dan Kambing, Mulai Warna Hingga Rasa

4. Kue Sagon

kue sagon
Kue Sagon (rapunzelresepmasakan.blogspot)

Kue sagon merupakan salah satu makanan khas suku Betawi yang memiliki cita rasa manis dan gurih. Kue ini terbuat dari bahan dasar parutan kelapa, gula, dan tepung sagu.

Kue ini banyak disukai karena memiliki tekstur unik. Saat dimasukkan ke dalam mulut, maka akan melelh dan menimbulkan sensasi rasa dingin.

Banyak toko kue kering atau toko oleh-oleh Bekasi menjual kue sagon. Harganya juga cukup terjangkau, yakni Rp.20.000 untuk kemasan 250 gram.

5. Kue Jalabia

Kue Jalabia
Kue Jalabia (Youtube/Cooking With Michan)

Kue jalabia merupakan jenis gemblong ala Betawi yang memiliki rasa nikmat. Kue ini memiliki bentuk hampir mirip dengan kue donat.

Bahan dasar yang digunakan untuk pembuatannya berupa tepung ketan, tepung terigu, garam, santan, serta bahan lainnya. Kue ini dibuat dengan cara digoreng yang kemudian dibaluri gula cair atau gula halus.

Kue jalabia memiliki 3 jenis, yakni Jalabia ketan hitam gula putih, Jalabia ketan putih gula putih, dan Jalabia ketan putih gula merah.

Harga kue ini sangat terjangkau yakni sekitar Rp.1000 per buah. Perlu diingat, kue ini tidak bisa disimpan selama berhari-hari karena termasuk ke dalam golongan kue basah yang mudah basi.

Baca juga: 10 Makanan Khas Medan dengan Cita Rasa yang Menggoda

6. Bir Pletok

Bir pletok
Bir Pletok (Kompas.com)

Jangan takut untuk menjadikan bir pletok sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke kota Bekasi.

Sebab, tidak seperti namanya, minuman ini ternyata terbuat dari rempah-rempah yang tentu saja menyehatkan tubuh.

Bahan herbal yang digunakan diantaranya jahe, serai, pandan, kayu secang, serta rempah-rempah lainnya yang memiliki manfaat bagi kesehatan.

Bir pletok memiliki manfaat untuk menghangatkan badan serta dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Tak perlu khawatir, bir ini juga tidak memiliki efek samping ketika diminum secara rutin. Harga bir pletok adalah Rp.6.000 hingga ratusan ribu per kemasan tergantung dari ukuran kemasan.

Nah, itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh Bekasi yang bisa kamu pilih untuk keluarga, sanak saudara, maupun teman terdekat.

Author: Eva
Editor: Maulana Affandi

Previous Post Next Post