Bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan, tentunya kita akan dipimpin oleh atasan atau yang biasa disebut dengan bos. Bos merupakan julukan untuk pemilik perusahaan atau pimpinan yang jabatannya jauh di atas karyawan biasa. Biasanya, bos memiliki wewenang untuk memerintah semua karyawan namun berdasarkan kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

bos marah
Photo: pexels.com

Ada banyak tipe-tipe bos yang mungkin sudah kamu ketahui, misalnya seperti tipe bos royal, tipe bos pelit, tipe bos baik, tipe bos cerewet, tipe bos galak, dan masih banyak tipe-tipe bos lainnya. Namun, pembahasan kita kali ini adalah bagaimana cara menghadapi bos yang galak. Nah, berikut adalah beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi bos galak, diantaranya:

Baca juga: Ampuh! Inilah 3 Cara Agar Disayang oleh Bos

1. Mencari Tahu Tentang Standar Kerja yang Diinginkan

bos meeting
Photo: pexels.com

Setiap bos atau pimpinan pasti memiliki kriteria dan standar kerja dari karyawan demi mencapai hasil yang memuaskan. Jika standar kerja tersebut tidak terpenuhi, maka ia akan marah. Oleh sebab itu, kamu harus bisa mencari tahu seperti apa standar kerja yang ditetapkan oleh bosmu sehingga ia tidak akan marah dan galak terhadapmu. Caranya, tanyakan pada karyawan atau temanmu yang sudah lama bekerja di sana.

2. Menjaga Komunikasi Tetap Baik

bos dan karyawan
Photo: pexels.com

Menjaga komunikasi adalah salah satu cara jitu untuk menghadapi bos galak. Sebab, dengan terus berkomunikasi dengannya, maka kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu dengan lancar. Seperti yang kita ketahui bahwa sering terjadi kesalahpahaman antara bos dan karyawan akibat kurangnya komunikasi sehingga pekerjaan menjadi berantakan. Tidak hanya itu, menjaga komunikasi dengan bos juga tidak menutup kemungkinan bahwa sifat galak bosmu akan sedikit berkurang.

Baca juga: Gimana Sih Cara Supaya Betah di Kantor Baru? Yuk Simak Tipsnya

3. Melakukan Pendekatan

bos
Photo: pexels.com

Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Ya, cara lain untuk menghadapi bos galak adalah dengan melakukan pendekatan, khususnya secara personal. Kamu bisa menanyakan langsung tentang kesukaannya, riwayat pekerjaan, pengalaman, atau bahkan tentang keluarganya. Dengan demikian, kamu dan bosmu akan semakin dekat dan kemungkinan besar ia tidak akan galak lagi.

4. Menyelesaikan Pekerjaan dengan Baik

karyawan kantor
Photo: pexels.com

Bos mana yang tidak akan marah jika karyawannya tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik? Apalagi bos yang memiliki sifat galak. Oleh karenanya, sebagai karyawan seharusnya kamu bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik agar bosmu tidak naik darah.

Well, itulah trik-trik jitu menghadapi bos galak yang bisa kamu praktikkan di kantor. Semoga berhasil ya!

Author : Eva