Bicara tentang pekerjaan, tentu saja setiap orang ingin mendapat kerja yang sesuai dengan bidang keahlian serta passionnya.

Hanya saja, mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion, bukan perkara mudah. Akan ada banyak saingan sehingga membuat kesempatan semakin menipis.

Namun tak perlu khawatir, kendati terkesan sulit, mendapat pekerjaan impian masih mungkin terjadi jika kamu melalukan serangkaian cara yang tepat, seperti menulis CV dengan baik dan benar, serta lancar dalam proses wawancara.

Kebanyakan orang lolos pada tahap administrasi, namun tidak dalam tahap wawancara. Hal tersebut dikarenakan rasa grogi yang berlebihan sehingga membuat diri menjadi gugup dan terbata-bata untuk berbicara.

Baca juga: 10 Situs Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia untuk Jobseeker

Tips Menghilangkan Grogi Saat Wawancara Kerja

Nah, buat kamu yang sering grogi saat wawancara kerja, ada baiknya kamu mengetahui beberapa tips wawancara kerja berikut ini agar rasa grogi hilang dan wawancara menjadi lancar. Adapun tipsnya sebagaib berikut:

1. Persiapkan Diri Sebaik Mungkin

interview
Photo: pexels.com

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah menyiapkan diri sebelum mengikuti wawancara kerja. Adapun persiapan tersebut seperti menguasai materi tentang bidang profesi yang kamu lamar. Ketika kamu sudah menguasai materi, maka kamu tidak akan bingung dalam menjawab pertanyaan dari tim penguji.

2. Perhatikan Penampilan

wanita karir
Photo: pexels.com

Dalam dunia kerja, penampilan adalah hal yang tidak boleh disepelekan. Jangan menggunakan pakaian yang sekiranya tidak pantas atau tidak nyaman. Sebab hal tersebut akan mengganggu konsentrasimu. Sebaiknya gunakan pakaian yang rapi, formal, dan tidak terlalu berlebihan.

3. Mendengarkan Musik Atau Membaca Artikel

denger musik
Photo: pexels.com

Selanjutnya, waktu-waktu yang paling mendebarkan adalah menunggu panggilan atau giliran wawancara. Biasanya di waktu ini, banyak orang menjadi blank, apalagi saat melihat ada beberapa kandidat lain.

Sebaiknya kamu melakukan beberapa hal yang bisa menghilangkan rasa tegang, seperti mendengarkan musik atau membaca artikel. Hal ini lebih bermanfaat daripada harus diam tanpa melakukan apapun.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar Agar Dilirik HRD

4. Minum Air Putih Secukupnya

minum air
Photo: pexels.com

Ketika kamu tegang, maka aliran darah akan kacau, detak jantung menjadi tak karuan, serta keringat akan mengucur lebih deras. Saat seperti ini, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih secukupnya.

Hal tersebut dimaksudkan agar kondisi tubuhmu menjadi lebih rileks dan aliran darah normal kembali. Jangan sampai rasa tegang itu membuat kesehatanmu terganggu, ya!

5. Tarik Napas yang Dalam

tarik napas
Photo: pexels.com

Tahukah kamu kalau ternyata menarik napas dalam-dalam bisa membuat pikiran menjadi rileks? Hal ini telah terbukti dan bisa kamu coba sebelum melakukan wawancara kerja.

Buang rasa tegang dan grogi dengan hembusan napas. Namun ingat, tarik napasnya pelan-pelan saja agar tidak membuat sirkulasi pernapasan menjadi terganggu.

6. Berdoa

grogi wawancara kerja
Photo: pexels.com

Dan yang tidak boleh dilupakan adalah berdoa. Kamu harus memohon kepada Tuhan agar semua yang kamu lakukan bisa berjalan dengan lancar, termasuk wawancara kerja.

Berdoalah dengan penuh keyakinan, percaya bahwa Tuhan selalu memberi pertolongan kepadamu dalam hal apapun.

Nah, itulah beberapa tips menghilangkan grogi saat wawancara kerja. Selamat mencoba dan semoga sukses, ya!

Author : Maulana Affandi