Arti Pansos

Pansos adalah sebuah kata yang sangat sering kita dengar dan lihat di sosial media. Tapi walau sudah tak asing lagi, masih banyak orang yang tidak tahu apa arti dari pansos tersebut. Apakah kamu juga?

Kata pansos sendiri sering kita jumpai pada kolom komentar. Biasanya para netizen melontarkan kata pansos kepada artis atau public figur yang tidak mereka sukai.

Ya, sederhananya, pansos acap kali diucapkan oleh haters kepada seseorang. Hal tersebutlah yang menjadikan pansos seolah-olah berkonotasi negatif.

Lalu, apa arti pansos?

Sebenarnya, pansos itu sendiri adalah akronim dari Panjat Sosial. Di luar negeri, istilah pansos sering disebut dengan Social Climber.

Jadi, pansos adalah sebuah aktivitas atau tindakan di media sosial yang bertujuan untuk mencari perhatian publik hingga akhirnya bisa viral dan mendongkrak kepopuleran di dunia maya.

Lebih ekstrem lagi, bisa dibilang bahwa pansos adalah kegiatan untuk mencari sensasi agar menjadi artis dadakan di dunia maya.

Baca juga: Terbongkar, Inilah 25 Cara Jadi Selebgram Terkenal

Biasanya, pansos dilakukan dengan berbagai cara, misalnya pamer kekayaan, mencela orang, melakukan hal yang tidak wajar, dan masih banyak lagi.

Itu semua dilakukan dengan harapan mendapat perhatian publik sehingga dia bisa menjadi viral.

Bisa kita lihat di sosial media, misalnya Instagram.

Begitu banyak orang yang mencoba panjat sosial dengan berbagai cara hingga akhirnya dia menjadi selebgram dan meraup penghasilan dari endorsement.

Walau akhirnya menjadi selebgram, tapi ada konsekuensi yang harus diterima orang tersebut, yakni mendapat kritikan, hinaan, bahkan ancaman dari beberapa pihak.

Tapi itu adalah hal yang wajar, mengingat saat ini kita hidup di era digital. Maka teknologi menjadi wadah atau sarana bagi setiap orang untuk meraih kepopuleran dengan berbagai cara.

Namun, alangkah baiknya jika kita mencari kepopuleran dengan cara yang baik tanpa mengundang kontroversi.

Misalnya dengan cara berkarya (membuat content-content menarik dan bermanfaat).

Baca juga: Arti Friyay, Kata-Kata Gaul Anak Zaman Now

Sebab dengan karya yang dibuat, seseorang akan dikenal oleh masyarakat luas dengan pandangan dan prasangka baik.

Walau tidak menutup kemungkinan masih ada segelintir haters yang akan datang.

Setidaknya, jumlah haters lebih sedikit daripada fans. Itu adalah pilihan yang lebih baik, daripada harus mengundang haters yang setiap hari memenuhi beranda sosial media.

Nah, itulah pengertian pansos yang akhir-akhir ini sering diucapkan oleh netizen di sosial media. Sekarang sudah paham kan arti pansos?

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.