Semua orang pasti ingin menjalani hubungan dengan orang yang dicintai, apalagi jika hubungan tersebut bisa sampai ke pelaminan maka rasa bahagia akan sangat dirasa. Sayangnya, banyak dari mereka yang harus gigit jari dan berlapang dada mengikhlaskan pasangannya menikah dengan orang lain. Bisa dikatakan, hanya menjaga jodoh orang lain. Ya, namanya juga bukan jodoh, mau gimana lagi?

Yang paling menyakitkan lagi adalah saat mantan mengundang kita ke acara pernikahannya. Ibarat kata, sudah jatuh tertimpa tangga pula. Lantas, apa yang harus kita lakukan saat menghadiri pesta pernikahan mantan? Simak tipsnya berikut ini!

Baca juga: Menjelang Pernikahan, Inilah 5 Kekhawatiran yang Muncul Pada Wanita

1. Jangan Mempermalukan Diri Sendiri

Tidak sedikit orang yang membuat ulah saat hadir di pesta pernikahan mantan, misalnya seperti mengamuk, menangis, dan masih banyak lainnya. Itu sangat memalukan. Walaupun sedang sedih dan galau, tapi kita harus bisa tunjukkan bahwa kita juga ikut berbahagia atas kehidupan baru yang ia tempuh bersama pasangannya.

2. Bersabar dan Yakin Bahwa Ada yang Lebih Baik

Sikap yang paling bijak untuk menghadapi mantan menikah dengan orang lain adalah bersabar dan yakin bahwa ada orang lain yang lebih baik telah menunggu di luar sana. Dengan begitu, kita bisa menghadiri pesta pernikahan mantan dengan tenang dan tanpa beban sedikitpun.

3. Memberi Selamat dan Mendoakannya

Walaupun kita tidak bisa menikah dengannya dan masih tersimpan sedikit perasaan kecewa, tapi setidaknya dia pernah menjadi seseorang yang paling berarti dalam hidup. Oleh sebab itu, saat menghadiri pesta pernikahannya, sebaiknya kita memberi selamat dan mendoakannya dengan tulus agar ia selalu berbahagia di kehidupannya yang baru.

4. Datang Bersama Teman

Mantan menikah, pastinya kita masih merasa sedih walaupun sedikit, kan? Oleh sebab itu, jangan datang ke pesta pernikahannya seorang diri. Ajaklah teman dekat atau saudara untuk menemani kita di pesta pernikahan sang mantan. Hal ini juga dapat mencegah kita melakukan hal-hal yang bisa mempermalukan diri kita sendiri.

5. Jangan Terlalu Lama di Pesta Pernikahan Mantan

Usahakan jangan terlalu lama di pesta pernikahan mantan. Cukup memberi selamat, menikmati hidangan, berfoto, setelah itu tinggalkan pesta. Jika kita terlalu lama menghabiskan waktu di pesta pernikahannya, bukan tidak mungkin kita akan merasa sakit hati dan sedih.

Nah, itulah beberapa cara bijak ketika menghadiri pesta pernikahan mantan. Ingat, sakit hati boleh, tapi jangan sampa mempermalukan diri sendiri di depan mantan apalagi di depan orang banyak, ya!

Author : Eva
Editor  : Maulana Affandi