Menurut kamus melayu DBP, elitisme ialah kebanggaan diri menjadi seseorang daripada anggota kumpulan elit : menjadikan mereka pekerja yang tidak baik.

Kata elite kalau dimasukkan ke dalam kehidupan sosial bisa diartikan sebagai kelompok yang status dan derajatnya tinggi dalam masyarakat.

Namun, tidak hanya pada kehidupan sosial saja. Pasalnya, elite juga sudah merambat ke berbagai segmen lain, mulai dari ekonomi, budaya, pendidikan, seni, olahraga, dan politik.

Dari kata elit itu sendirilah muncul sebuah perbedaan yang cukup mendasar dari beberapa kelompok. Sebab, elit selalu ditafsirkan dan dirumuskan sebagai kelompok tertinggi daripada kelompok-kelompok lainnya.

Jadi, secara umum Elite adalah keyakinan atau sikap individu atau kelompok terhadap kualitas intrinsik yang nilainya berbeda. Mulai dari kecerdasan, kekayaan, pelatihan atau pengalaman khusus. Biasanya elite merupakan orang-orang yang berpengaruh dalam kehidupan bermasyarakat.

Segala pola pikir, tingkah laku, dan ucapan dari paraelite, biasanya difungsikan untuk kemaslahatan serta kepentingan umum.