Lifestyle

Mengenal Apa Itu Meditasi, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Dengan aktivitas sehari-hari dan segudang tanggung jawab, terkadang kita merasa seolah-olah kita tenggelam dalam kekacauan.

Bahkan, terbesit pikiran ingin terbebas dari segala belenggu, namun kenyataannya kehidupan selalu diiringi diwarnai dengan berbagai masalah yang silih berganti.

Kita tidak bisa lari dari masalah dan berbagai keluh kesah. Yang bisa kita lakukan adalah mendamaikan pikiran, salah satunya dengan meditasi.

Ya, praktik meditasi bisa menjadi jawaban untuk menenangkan pikiran yang sedang kusut. Mari kita gali lebih dalam tentang manfaat meditasi yang luar biasa ini.

Baca juga: 7 Cara Menghadapi Cobaan Hidup yang Berat Untuk Belajar Ikhlas

Apa itu Meditasi?

Sebelum kita membahas manfaatnya, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu meditasi.

Meditasi adalah sebuah teknik menjernihkan pikiran sehingga kita bisa merasa lebih tenang, nyaman, tentram, dan damai.

Ketika melakukan meditasi, kita seperti meluangkan waktu bersama diri sendiri untuk merenung dan merasakan ketenangan batin.

Sebab, meditasi lebih dari sekadar praktik, yaitu jendela ke dalam dunia diri kita yang paling dalam. Kita akan melakukan perjalanan ke dalam pikiran dan jiwa yang membawa kita menuju kedamaian, ketenangan, dan pemahaman yang lebih dalam tentang diri kita sendiri.

Meditasi melibatkan fokus pada pernapasan, suara alam, atau mantra tertentu yang membantu kita mengarahkan pikiran kita ke arah yang lebih tenang.

Meditasi juga adalah alat yang kuat untuk mengatasi tantangan hidup. Ketika kita merasa stres, cemas, atau bahkan putus asa, meditasi dapat membantu kita menenangkan pikiran kita, menjernihkan pandangan kita, dan menemukan solusi yang lebih baik.

Manfaat Meditasi

manfaat meditasi
manfaat meditasi (pexels.com/Murugadoss Arumugam)

Setelah mengetahui pengertian meditasi, kali ini kita akan mengenal apa saja manfaat yang akan kita dapatkan jika melakukan meditasi secara tepat.

1. Mengurangi Stres

Stres adalah bagian tak terhindarkan dari hidup kita. Tapi, meditasi adalah alat ampuh untuk meredakannya. Sebab meditasi membantu menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh, sehingga kita dapat menghadapi segala sesuatu dengan kepala dingin.

2. Meningkatkan Fokus

Dalam rutinitas yang padat, kita sering kehilangan fokus dengan cepat. Maka, meditasi dapat membantu kita untuk meningkatkan konsentrasi, sehingga segala aktivitas dapat dikerjakan dengan baik.

3. Meningkatkan Kesehatan Mental

Meditasi juga memiliki dampak positif pada kesehatan mental karena membantu mengurangi kecemasan dan depresi, sehingga memberi perasaan damai yang tentu saja dapat menyehatkan mental kita.

4. Meningkatkan Kreativitas

Tidak sulit untuk merangsang kreativitas karena meditasi adalah jawabannya. Dengan meditasi, kita dapat membuka pintu bagi ide-ide segar dan perspektif baru.

Meditasi sering digunakan sebagai jembatan untuk menjemput intuisi yang melahirkan ide-ide penuh kreativitas.

5. Mengatasi Kesulitan Tidur

Tidak bisa tidur di malam hari? Meditasi juga dapat membantu dengan masalah tidur. Sebab meditasi mampu meredakan pikiran gelisah sehingga membantu kita untuk tidur lebih nyenyak.

6. Meningkatkan Keluwesan Kognitif

Meditasi meningkatkan fleksibilitas berpikir dan kemampuan beradaptasi dengan situasi yang berubah. Dengan begitu, kita akan terbantu dalam memproses dan mengingat informasi dengan lebih baik.

7. Meningkatkan Daya Ingat Jangka Panjang

Dengan membantu mengurangi gangguan mental dan meningkatkan kemampuan fokus, meditasi dapat meningkatkan kemampuan kita untuk mengingat informasi dalam jangka panjang.

8. Meningkatkan Kesadaran

Meditasi juga meningkatkan kesadaran diri, yang berarti kita lebih sadar terhadap lingkungan dan pengalaman sehari-hari, termasuk sadar dengan apa tujuan kita hidup di dunia ini.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Bersikap Bodo Amat Itu Perlu dalam Kehidupan Sehari-Hari

Cara Meditasi

cara meditasi
cara meditasi (pexels.com/Werner Pfennig)

Melakukan meditasi tidak sesulit yang kita bayangkan. Sebab, sejatinya meditasi adalah diam dan membuat tubuh serileks mungkin.

Namun, bagi pemula tentu akan sedikit sulit. Maka dari itu, cobalah langkah-langkah sederhana berikut ini:

1. Temukan Tempat Tenang

Hal pertama adalah tentukan tempat yang tenang dan nyaman. Kita bisa melakukannya di kamar ataupun ruangan khusus yang sunyi dan jauh dari kebisingan.

2. Atur Waktu Meditasi

Meditasi tidak hanya dilakukan pada malam hari saja. Kita juga bisa melakukan meditasi pada jam-jam tertentu, semisal jam istirahat siang agar pikiran kembali fresh.

Tidak perlu lama-lama, jika kita melakukannya dengan tepat, waktu 10-15 menit sudah memberikan dampak yang luar biasa.

3. Posisi Duduk

Cari posisi duduk senyaman mungkin, kalau bisa gunakan alas yang membuat kita lebih nyaman. Pastikan badan tegak lurus saat meditasi agar pernapasan menjadi lebih lancar.

4. Pusatkan Perhatian pada Napas

Setelah mendapatkan posisi ternyaman, pejamkan mata dan fokuskan perhatian pada pernapasan. Perhatikan bagaimana napas masuk dan keluar. Begitu terus, hingga kita akan merasakan damai secara perlahan.

5. Netralkan Pikiran

Ketika pikiran mulai melayang-layang, maka pusatkan kembali ke pernapasan. Itu adalah kunci dan trik khusus agar meditasi berjalan lancar.

6. Gunakan Mantra atau Kata

Kita juga bisa menggunakan mantra atau kata-kata yang berulang sebagai fokus. Misalnya, kita bisa berulang kali mengulangi kata “tenang” dalam hati.

7. Bersabarlah

Ingatlah bahwa meditasi memerlukan latihan dan proses hingga benar-benar menguasainya. Jangan berkecil hati jika pikiran melayang ke sana-sini, lakukan lagi hingga kita bisa fokus total.

8. Gunakan Bantuan

Jika merasa kesulitan, kita bisa menggunakan bantuan, misalnya mencoba aplikasi meditasi atau video panduan meditasi yang saat ini banyak tersedia secara online.

9. Terapkan dalam Kehidupan Sehari-hari

Yang terakhir, cobalah untuk membawa ketenangan dan kesadaran yang kita temukan dalam meditasi ke kehidupan sehari-hari. Sebab, ketenangan dan kesadaran adalah salah satu tujuan utama meditasi.

Nah, itulah penjelasan tentang meditasi, manfaat, dan cara melakukannya. Ini adalah praktik yang dapat membawa manfaat luar biasa untuk kesehatan fisik dan mental kita. Selamat mencoba!

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker