Pendidikan

Bagaimana refleksi anda tentang praktik kinerja anda selama observasi praktik kinerja? Refleksi guru

Sebagai seorang guru yang baru saja menjalani observasi praktik kinerja, saya ingin meluangkan waktu untuk merefleksikan pengalaman berharga ini.

Observasi ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi saya untuk menunjukkan kemampuan mengajar, tetapi juga membuka ruang untuk mendapatkan umpan balik yang konstruktif dan membangun pemahaman yang lebih mendalam tentang kekuatan dan kelemahan saya dalam proses mengajar.

Baca juga: Apa pemahaman baru yang anda dapatkan mengenai alur tujuan pembelajaran?

Sebelum observasi, saya telah mempersiapkan diri dengan mempelajari kriteria penilaian dan mengumpulkan dokumentasi yang relevan.

Meskipun rasa gugup mewarnai diri, saya yakin dengan kemampuan mengajar dan antusiasme untuk menyampaikan materi kepada siswa.

Selama observasi, saya berusaha untuk tetap fokus dan memberikan penjelasan yang jelas kepada siswa.

Upaya saya untuk melibatkan semua siswa dalam kegiatan belajar mengajar pun mewarnai proses pembelajaran.

Saya merasakan kehangatan dan koneksi yang positif dengan siswa, membangun atmosfer belajar yang kondusif.

Setelah observasi, perasaan lega dan senang mewarnai diri. Saya bersyukur atas umpan balik yang diberikan oleh pengamat, yang tidak hanya memuji kekuatan saya dalam menjelaskan materi dengan jelas dan membangun hubungan yang baik dengan siswa, tetapi juga memberikan beberapa saran untuk meningkatkan praktik mengajar.

Saran-saran tersebut, seperti penggunaan variasi metode pembelajaran yang lebih kaya dan pemberian umpan balik yang lebih spesifik kepada siswa, membuka peluang bagi saya untuk terus belajar dan berkembang.

Pengalaman observasi ini bagaikan cermin yang memantulkan potret diri sebagai guru.

Baca juga: Respon apa yang anda ingat dari guru anda, ketika menjadi murid tidak menjawab/diam saat diberikan pertanyaan?

Saya tidak hanya mendapatkan pengakuan atas kekuatan saya, tetapi juga memperoleh panduan untuk melangkah maju, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan memberikan pengalaman belajar yang lebih optimal bagi para siswa.

Refleksi ini menjadi pengingat bahwa perjalanan saya sebagai guru masih panjang.

Komitmen untuk terus belajar, berinovasi, dan mengembangkan diri akan selalu menjadi pegangan dalam upaya memaksimalkan potensi diri dan memberikan kontribusi terbaik bagi dunia pendidikan.

Melalui refleksi ini, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada pengamat atas umpan balik yang berharga dan kepada semua pihak yang telah mendukung perjalanan saya sebagai guru.

Semoga refleksi ini bermanfaat untuk diri saya sendiri dan dapat menginspirasi rekan-rekan guru lainnya untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi terbaik dalam mencerdaskan bangsa.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)