Dalam sidang parlemen, perdana menteri Jepang, Koiso, mengumumkan bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia

Sastrawacana.id

Ketua BPUPK adalah Dr. Radjiman Wedyodiningrat
Ketua BPUPK adalah Dr. Radjiman Wedyodiningrat (umsu)

Dalam sidang parlemen, perdana menteri Jepang, Koiso, mengumumkan bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia.

Sebagai bentuk usaha, dibentuklah badan yang dinamai BPUPK. Ketua badan tersebut adalah?

Jawaban:

Dr. Radjiman Wedyodiningrat

Pembahasan:

Perlu diingat bahwa Jepang tidak secara resmi memberikan kemerdekaan kepada Indonesia, melainkan kemerdekaan Indonesia diraih melalui proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Sebelum proklamasi kemerdekaan, Jepang memang menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia pada tanggal 25 Agustus 1945.

Janji ini disampaikan oleh Perdana Menteri Jepang, Kuniaki Koiso, dalam sidang parlemen pada tanggal 7 Agustus 1945.

Menindaklanjuti janji tersebut, Jepang membentuk Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPK) pada tanggal 29 Mei 1945. BPUPK bertugas untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Ketua BPUPK adalah Dr. Radjiman Wedyodiningrat. Beliau memimpin BPUPK dalam sidang-sidangnya yang membahas berbagai hal terkait dasar negara, bentuk negara, dan konstitusi.

Meskipun BPUPK dibubarkan oleh Jepang pada tanggal 16 Agustus 1945, para anggotanya kemudian melanjutkan perjuangan untuk kemerdekaan Indonesia dengan membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada tanggal 17 Agustus 1945.

PPKI inilah yang memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada hari yang sama.

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia