Akademis

Integrasi nasional pada hakikatnya adalah sebagai proses penyatuan suatu bangsa yang mencakup semua aspek kehidupannya, yaitu aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya

Integrasi nasional pada hakikatnya adalah sebagai proses penyatuan suatu bangsa yang mencakup semua aspek kehidupannya, yaitu aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya. Berdasarkan hal tersebt integrasi nasional mengandung makna?

a. Upaya menyatukan suku bangsa, adat dan golongan
b. Penggabungan 2 (dua) unsur kebudayaan atau lebih
c. Keinginan bersatu sebagai hasrat bangsa yang merdeka
d. Proses mempersatukan keberagaman bangsa indonesia
e. Adanya kekuatan bangsa berdasarkan perbedaan SARA‚Äč

Jawaban:

d. Proses mempersatukan keberagaman bangsa indonesia

Pembahasan:

Integrasi nasional merupakan upaya untuk menyatukan keberagaman dalam satu kesatuan yang kokoh, mengutamakan persatuan, solidaritas, dan kepentingan bersama dalam membangun negara yang maju dan berdaya saing.

Oleh karena itu, integrasi nasional mencakup proses mempersatukan berbagai aspek kehidupan bangsa, termasuk aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya, untuk menciptakan kesatuan dalam keberagaman.

Integrasi nasional adalah proses yang kompleks dan dinamis yang bertujuan untuk mempersatukan bangsa Indonesia dalam semua aspek kehidupannya.

Dengan mewujudkan integrasi nasional, bangsa Indonesia dapat mencapai persatuan yang hakiki dan mewujudkan cita-cita nasionalnya.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)