Dalam sebuah hubungan, baik pacaran ataupun pernikahan pastinya tidak luput dari pertengkaran. Banyak yang mengatakan bahwa pertengkaran merupakan bumbu-bumbu sebuah hubungan agar rasa cinta dan keharmonisan meningkat. Sebab, terkadang setelah pertengkaran usai, hubungan menjadi lebih harmonis.

Hal yang menjadi pemicu dari sebuah pertengkaranpun beragam, misalnya seperti cemburu, berselisih pendapat, ekonomi, dan masih banyak lainnya. Biasanya, pasangan juga kerap memancing amarah kita sehingga menimbulkan pertengakaran hebat. Sebelum hal itu terjadi, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang bagaimana caranya menghadapi pasangan yang sedang membuatmu marah. Simak berikut ini.

Baca juga: Punya Pacar Pemarah? Inilah 6 Tips untuk Menghadapinya

1. Memilih untuk Diam

Jika diam merupakan cara terbaik untuk meredam emosimu, maka lakukanlah. Namun, sebaiknya beritahukan terlebih dahulu pasanganmu sebelum melakukannya. Hal ini bertujuan agar tidak menimbulkan masalah lain yang nantinya dapat memperkeruh dan memperburuk hubunganmu dengan pasangan.

2. Jangan Membicarakan Kesalahannya pada Teman

Terkadang wanita suka sekali membagi segala kebahagiaan dan kesedihannya kepada teman, tak terkecuali tentang persoalan hubungan. Ketika kamu emosi karena pasanganmu, hal bijak yang perlu kamu lakukan adalah jangan sekali-kali menceritakan kesalahan dan kejelekan pasanganmu pada teman. Tunjukkan bahwa kamu adalah wanita dewasa yang bisa menyimpan segala hal buruk tentang pasanganmu hanyak untukmu sendiri.

3. Lihat Kondisi Sebelum Meluapkan Emosi Padanya

Amarahmu mungkin sudah memuncak dan ingin segera meluapkannya dengan cara memarahi pasanganmu. Namun, sebelum kamu memarahinya, lihatlah situasi dan kondisi terlebih dahulu. Jangan meluapkan emosi di saat suasan hati pasanganmu juga tidak baik. Hal ini bisa menyebabkan pertengkaran yang sangat hebat karena salah satu diantara kalian tidak akan ada yang mau mengalah.

Baca juga: 5 Tips Agar Hubungan Pacaran Langgeng Sampai ke Pelaminan

4. Jangan Pernah Memaki

Walaupun emosinya meluap-luap karena ulah pasanganmu, bukan berarti kamu bisa memakinya dengan kata-kata yang tidak pantas. Usahakan pilih kata-kata yang baik agar kamu tidak menyesal di kemudian hari. Kamu boleh marah, tapi jangan sampai membuatnya merasa tersinggung.

5. Jangan Sampai Memutuskan Hubungan Saat Sedang Emosi

Biasanya, saat wanita sedang emosi, mereka tidak bisa mengontrol diri. Tidak hanya kata-kata kasar yang keluar, bahkan mereka juga kerap memutuskan hubungan secara sepihak di saat emosi sedang memuncak. Sebaiknya, tenangkan dirimu terlebih dahulu. Jangan sampai kamu menyesal ketika ia sudah pergi meninggalkanmu.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika pasangan membuatmu marah dengan tingkah atau ucapannya.

Author  : Eva
Editor   : Maulana Affandi