Setiap orang pasti memiliki permasalahan hidupnya. Sebab, sejatinya manusia hidup di dunia ini selalu dihadapkan dengan masalah. Namun, masalah-masalah tersebut akan membuat seseorang menjadi lebih kuat dan tegar dalam menjalani kehidupan.

Tidak hanya diri sendiri, terkadang kita juga bingung saat menghadapi teman yang sedang mengalami masalah. Takut kalau-kalau tindakan yang kita ambil justru membuat keadaan semakin runyam. Untuk itu, berikut adalah beberapa cara tepat menghadapi teman ketika sedang mendapatkan masalah, diantaranya:

Baca juga: Teman Kerja Suka Cari Muka? Begini Cara Mengatasinya

1. Selalu Menemaninya

Jangan pernah meninggalkan teman yamg sedang mengalami masalah. Sebab, ia juga butuh teman untuk menceritakan semua permasalahan yang dihadapinya agar terasa lebih ringan. Sebagai teman yang baik, kamu harus selalu menemani dan menenangkan hatinya.

2. Beri Semangat

Salah satu cara terbaik untuk menghadapi teman yang sedang mengalami masalah adalah dengan memberinya semangat. Semangat yang kamu berikan mampu membuatnya lebih tegar dan kuat dalam menghadapi masalah yang ia hadapi.

3. Jangan Terlalu Banyak Bertanya

Walaupun kamu dibutuhkan sebagai tempat curhat saat temanmu mendapatkan masalah, bukan berarti kamu bisa dengan leluasa menanyakan segala sebab dari persoalan yang ia hadapi. Karena pertanyaan tersebut dapat membuatnya lebih tertekan dan bingung. Sebaiknya, dengarkan dengan seksama apapun yang ia katakan. Tanyakan hal seperlunya saja yang tidak akan membuatnya merasa terintimidasi.

4. Mengajaknya Jalan-Jalan

Terkadang, mengajak teman yang sedang mendapatkan masalah pergi jalan-jalan ke tempat yang ia sukai, mampu membuatnya lupa dengan masalah yang ia hadapi walau sesaat. Kalau perlu, ajak ia traveling ke tempat yang jauh.

5. Selalu Mendoakannya

Terakhir, selalu doakan yang terbaik untuknya agar masalah yang dihadapi bisa segera terselesaikan. Kembali lagi, bahwa setiap masalah timbul karena rencana Tuhan. Dan semua masalah akan terselesaikan atas kehendak-Nya juga.

Nah, itulah 5 cara terbaik yang bisa kamu lakukan dalam menghadapi teman yang sedang mengalami masalah agar tidak salah dalam mengambil sikap.

Author  : Eva
Editor   : Maulana Affandi