Saat memutuskan untuk berumah tangga alias bersuami, hampir semua wanita diwajibkan untuk bisa menjadi istri dan ibu yang baik untuk keluarga kecil mereka. Tidak hanya dilihat dari faktor pendidikan saja, namun ada beberapa hal lain yang bisa membuktikan bahwa wanita tersebut dikatakan sudah layak untuk membangun rumah tangga.

Ya, wanita harus memiliki banyak kemampuan agar kehidupan rumah tangga mereka menjadi sejahtera dan bahagia setiap saat. Lantas, apa saja kemampuan tersebut? Simak berikut ini!

Baca juga: 5 Tips Agar Tamu Undangan Merasa Nyaman di Pesta Pernikahan

1. Kemampuan Menata Rumah

membersihkan rumah
Photo: pexels.com

Rumah adalah satu-satunya tempat ternyaman untuk berkumpul bersama keluarga. Mengingat kamu dan keluarga menghabiskan waktu bersama di dalam rumah setiap hari, tentunya seisi rumah haruslah tertata dengan baik agar terasa nyaman saat dihuni. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu harus memiliki kemampuan menata membersihkan dan menata rumah dengan baik.

2. Kemampuan Memasak Sendiri

cewek masak
Photo: pexels.com

Saat menjadi ibu rumah tangga, kemampuan memasak tidak boleh terlewati. Walaupun tidak jago, yang paling penting adalah kamu bisa menghidangkan masakan istimewa hasil kreasi tanganmu sendiri untuk keluarga kecilmu. Percayalah, mereka akan merasa lebih senang jika makan makanan hasil masakanmu sendiri. Dan jangan pernah mengandalkan asisten rumah tangga atau membeli makanan di luar karena belum tentu terjamin kesehatannya.

3. Kemampuan Berkebun

berkebun
Photo: pexels.com

Selanjutnya adalah kamu juga harus memiliki kemampuan berkebun. Kemampuan ini sangat bermanfaat jika kamu memiliki halaman rumah yang luas. Daripada dibiarkan gersang, lebih baik bercocok tanam di sana. Kamu bisa menanam berbagai macam tanaman seperti bunga, tomat, cabai, buah-buahan serta tanaman bermanfaat lainnya.

4. Kemampuan Merawat dan Mengurus Anak

merawat anak
Photo: pexels.com

Kemampuan paling penting yang harus dimiliki wanita saat berumah tangga adalah mampu mengurus dan merawat anak. Walaupun saat ini sudah banyak jasa pengasuh anak alias baby sitter, akan lebih baik jika kamu bisa merawat anak-anakmu sendiri. Sehingga, kamu bisa melihat dan mengetahui tumbuh kembang mereka tanpa terlewatkan sedikitpun.

5. Kemampuan Menjahit

alat jahit
Photo: pexels.com

Terakhir, kamu harus memiliki kemampuan menjahit sebelum berumah tangga. Tidak perlu menjahit dengan teknik rumit, cukup menjahit baju yang sobek dengan tangan saja. Kemampuan ini sangat berguna ketika bajumu atau atau baju keluarga yang tiba-tiba sobek. Kamu bisa menanganinya tanpa harus mengandalkan jasa penjahit.

Nah, itulah beberapa kemampuan yang wajib kamu miliki sesaat dan sebelum memutuskan untuk berumah tangga. Sebab, kamu akan berperan sebagai wonder women untuk keluarga kecilmu, yang harus bisa mengurus semuanya sendiri.

Author  : Eva
Editor   : Maulana Affandi