Setiap orang tua pasti memiliki cara tersendiri untuk merawat dan mendidik anak agar menjadi pribadi yang baik. Orang tua mana yang tidak ingin melihat anaknya tumbuh dan berkembang dengan baik? Tentunya, mereka akan rela melakukan apapun demi melihat anaknya bahagia dan merasa nyaman setiap harinya.

Sebenarnya, menjadi orang tua terbaik bukanlah perkara sulit. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Beberapa hal tersebut antara lain sebagai berikut:

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Anak yang Kecanduan Gagdet

1. Jadilah Contoh yang Baik

Faktor utama yang bisa membentuk watak dan karakter anak adalah lingkungan serta orang-orang di sekitarnya. Kemungkinan besar anak akan mengikuti bahkan mencontoh apapun yang dilakukan oleh orang-orang disekitarnya, baik dalam hal yang baik ataupun buruk. Dibandingkan dengan orang lain, anak akan lebih dekat dengan orang tua, bukan? Untuk itu, jadilah contoh yang baik untuk anak dalam segala hal.

2. Jadilah Pendengar yang Baik

Anak-anak biasanya memiliki segudang cerita yang selalu ingin diceritakan setiap harinya. Terkadang mereka ingin menceritakan bagaimana suasana di sekolah, teman sekolah, pelajaran di sekolah, dan tentang hal sekecil apapun. Sebagai orang tua, kita harus bisa meluangkan waktu untuk mendengarkan cerita mereka, misalnya menjelang tidur atau saat sedang santai di ruang TV.

3. Bermain dengan Anak

Anak tidak melulu ingin bermain bersama teman-temannya. Terkadang, mereka juga ingin bermain dengan orang tua di waktu libur sekolah. Jangan segan-segan untuk mengajak anak bermain agar anak bisa lebih dekat dengan kita.

4. Jadilah Orang Tua yang Percaya Diri

Menjadi orang tua yang memiliki sifat percaya diri sangatlah menguntungkan. Sebab, jika kita selalu percaya diri dalam merawat dan mengasuh anak, maka mereka akan merasa nyaman dan percaya bahwa orang tuanya adalah yang terbaik.

5. Jangan Pernah Memberikan Hukuman Fisik

Ketika anak melakukan kesalahan, jangan pernah memberi hukaman fisik. Sebab, hukuman fisik bukan cara terbaik untuk menghukum anak, justru hukuman tersebut dapat mengakibatkan rasa takut dan trauma pada anak. Selain itu, juga membuat anak lebih rentan terhadap masalah fisik maupun psikis ke depannya nanti.

6. Hindari Memberi Hadiah yang Mewah

Saat anak melakukan hal yang membanggakan, misalnya mendapatkan peringkat di sekolah, sebisa mungkin hindari memberi hadiah yang terlalu mewah dan berlebihan karena akan membuat anak menjadi manja dan pamrih. Sebaiknya berikan hadiah sederhana yang memang sedang ia butuhkan saja.

Nah, itulah beberapa cara untuk menjadi orang tua terbaik bagi anak. Selamat mencoba!

Author  : Eva
Editor   : Maulana Affandi