Pria asal amerika ini dikatakan sebagai pria tertinggi di dunia. Bagaimana tidak, tinggi tubuhnya mencapai 2.72 meter! Alhasil, dia tercatat dalam sejarah melalui Guinness World Records sebagai orang tertinggi di dunia.

Robert Pershing Wadlow (lahir di Alton, Illinois, 22 Februari 1918 – meninggal di manistee, Michigan, 15 Juli 1940 pada umur 22 tahun) adalah orang tertinngi di dunia yang pernah hidup. Kadang dia dipanggil “Raksasa Alton” yang diambil dari kota kelahirannya di Alton, Illinois.

Tinggi Wadlow mencapai 2,72 m (8 kaki 11,1 inci) dengan berat 220 kg (490 pon) saat dia meninggal. Tubuhnya yang besar dan terus bertumbuhnya tinggi saat dewasa disebabkan oleh Hipertropi di hipofisis yang berakibat tidak normalnya jumlah hormon pertumbuhan. Sehingga pertumbuhan terus terjadi bahkan saat ia sudah meninggal.

Masa kanak-kanak

Wadlow lahir sebagai anak dari Addie dan Harold Wadlow di Alton, Illinois  pada 22 Februari 1918, dari lima anak, Robert adalah yang paling tua. Tahun 1936, setelah lulus dari SMA Alton, dia melanjutkan pembelajarannya di Kampus Shurtleff dalam bidang hukum. Sejak 1937, Wadlow telah memecahkan rekor sebagai orang tertinggi.

Sepatunya masih berada di beberapa tempat di Amerika Serikat, termasuk Museum sejarah dan seni Alton. Saat berumur 20 tahun ia menandatangani Perusahaan Sepatu Internasional untuk membuatkannya sepatu secara gratis dengan syarat mengikuti tur promosional.

Tahun-tahun berikutnya

Tinggi Wadlow menyebabkan dia sering mendapatkan masalah karena kakinya menjadi rapuh karena tubuhnya yang besar menjadikannya sulit berjalan sehingga dia menggunakan penopang kaki dari besi.

Pada 27 Juni 1940 (delapan belas hari sebelum kematiannya), dia memiliki tinggi 2,72 (8 kaki 11,1 inci) oleh dokter C. M. Charles dan Cyril MacBryde dari Universitas Washington di St. Louis.

Saat masih hidup, Wadlow merupakan Selebriti Amerika Serikat paling populer dimasanya; dia begitu terkenal saat ia tur penjuru negeri ditahun 1936 sebagai bagian dari Sirkus Ringling Brothers dan tur promosional dari INTERCO ditahun 1938. Saat itu dia selalu mengikuti tur promosional dan kemunculan publik.

Kematian

Pada 4 juli 1940, ketika ia muncul dalam Festival Hutan Nasional, penopang kaki besi di kaki Wadlow patah, menyebabkan kapalan dan luka sobek yang parah dan menginfeksi kakinya.

Dokter merawatnya dengan transfusi darah dan operasi darurat, namun kondisinya terus memburuk dan akhirnya meninggal dunia pada 15 Juli 1940 ia meninggal saat tidur. Dalam usia 22 tahun.

Ada perkiraan 40,000 orang menghadiri pemakaman Wadlow pada 19 Juli . Dia dimasukan ke dalam peti mati dengan berat setengah ton sehingga membutuhkan 12 orang untuk mengangkut peti mati Robert, yang dilapisi beton. Keluarga Wadlow sangat khawatir jika tubuh Robert dicuri, sehingga kuburan Wadlow dijaga dengan sangat ketat.