Assalamualaikum Wr. Wb.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan berkatnya kita masih diberikan kesehatan sehingga dapat berkumpul di acara ini.

Bapak/Ibu Guru yang saya hormati dan teman – teman semua yang saya cintai, pada kesempatan yang baik ini perkenankanlah saya berdiri di sini untuk menyampaikan pidato dengan tema Mengatasi Globalisasi.

Seperti yang kita ketahui, akhir-akhir ini yang sedang hangat dibincangkan mengenai pengaruh globalisasi terhadap kehidupan remaja. Mungkin kita semua tahu dan sadar, bahwa globalisasi sangat mempengaruhi kehidupan anak muda sekarang.

Menurut asal katanya, kata “globalisasi” diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal/mendunia . Secara istilah, Globalisasi adalah suatu proses di mana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas Negara.

Baca juga: Contoh Teks Pidato Tema Kesehatan 

Perkembangan yang paling menonjol dalam era globalisasi adalah globalisasi informasi, demikian juga dalam bidang sosial seperti gaya hidup. Di mana, terjadi perubahan nilai-nilai sosial pada masyarakat, sehingga memunculkan kelompok atau cara bergaul yang kurang baik bagi kebudayaan kita.

Globalisasi telah menimbulkan dampak yang begitu besar dalam dimensi kehidupan manusia terutama dalam kehidupan remaja, karena globalisasi merupakan proses internasionalisasi seluruh tatanan masyarakan modern, tidak ada yang terkecuali dari anak-anak sampai orang dewasa merasakan dampaknya.

Banyak nilai dan budaya masyarakat yang mengalami perubahan dengan cara meniru atau menerapkannya secara selektif. Itulah salah satu yang menyebabkan maraknya kenakalan remaja saat ini.

Namun kendati demikian, globalisasi juga memiliki dampak positif, yaitu kemajuan teknologi komunikasi dan informasi mempermudah manusia dalam berinteraksi dengan manusia lainnya.

Maka dari itu, sebagai remaja kita harus bisa membedakan mana kegiatan positif dan negatif agar kita bisa mendapat manfaat yang bisa menunjang masa depan. Jaman era globalisasi sekarang ini banyak sekali hal yang menarik, sesuatu yang masih baru, maka kita pun harus bisa memilih yang terbaik, jangan sampai terpengaruh hal negatif.

Apabila sudah terjerumus kedalam hal negatif, cepatlah sadar diri karena masih banyak kesempatan untuk merubah masa depan.

Saya kira itu saja pidato singkat kali mengenai Globalisasi, semoga bermanfaat dan kita masih tetap menjaga nilai-nilai luhur bangsa.

Wasslamaualaikum, Wr. Wb