Pengertian Seni Musik

Seni musik salah satu cabang seni yang berupa bunyi, disampaikan dengan menggunakan suara serta alat musik yang harmoni. Seni musik sendiri merupakan bentuk ekspresi dari seniman yang dituangkan ke dalam karya berupa lagu.

Seni musik pada saat ini sudah menjadi sarana hiburan yang sangat populer di semua kalangan. Baik anak muda maupun orang tua, semuanya suka musik. Maka tak heran jika seniman-seniman yang bergelut dalam bidang musik selalu memiliki penggemar yang jumlahnya tidak sedikit.

Baca juga: Pengertian Musik Tradisional Menurut Para Ahli Beserta Contohnya

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

1. Banoe

Musik berasal dari kata muse yang merupakan salah satu dewa dalam mitologi Yunani kuno yang mengurusi cabang seni dan ilmu, dewa seni serta ilmu pengetahuan. Beliau juga berpendapat bahwasannya musik ialah cabang seni yang membahas berbagai suara ke dalam beberapa pola-pola yang dapat dipahami dan dimengerti pendengarnya.

2. Jamalus

Seni Musik merupakan sebuah hasil karya seni yang dituangkan dalam bentuk bunyi dan lagu atau komposisi yang mengungkapkan pikiran serta perasaan pencipta lagu tersebut. Dengan melalui unsur-unsur pokok musik antara lain harmoni, irama, melodi, dan struktur lagu serta ekspresi sebagai sebuah kesatuan.

3. Sylado Syalado

Berpendapat bahwa bahwa seni musik merupakan wujud hidup dari berbagai kumpulan ilusi dan alunan suara. Alunan musik dengan nada yang menjiwai dapat menggerakkan hati para penikmat musik tersebut.

4. Lexicographer Lexicographer

Merupakan seorang ahli kamus dan beliau berpendapat bahwa seni musik ialah kombinasi nada, vokal, serta instrumental yang mempunyai harmoni guna mengekspresikan segala sesuatu hal yang mempunyai sifat emosional.

5. Suhastjarja

Pengertian seni musik menurut Suhastjarja, seni musik mengungkapkan rasa keindahan dalam jiwa seorang manusia dan diwujudkan dalam bentuk nada atau bunyi sehingga dapat menciptakan ritme dan harmoni.

Dari beberapa pengertian seni musik diatas, dapat disimpulkan bahwa seni musik ialah suatu karya seni yang timbul sebab dari ekspresi perasaan manusia dengan melalui nada yang harmonis.