Pengertian Teks Negosiasi

Pengertian teks negosiasi secara umum adalah sebuah teks berbahasa Indonesia yang sifatnya adalah interaksi sosial untuk mendapatkan atau mencapai kesepakatan bersama. Nantinya, kedua belah pihak akan mendapatkan hak masing-masing sesuai dengan kesepakatan tersebut yang tidak boleh disesali atau dipermasalahkan pada kemudian hari.

Biasanya, teks negosiasi ini digunakan dalam bentuk tawar menawar antara pedagang dan pembeli. Walau tidak selalu begitu, tapi teks negosiasi paling banyak digunakan untuk aktivitas jual beli. Sebab, berdialog dalam jual beli termasuk dialog atau teks negosiasi yang paling banyak serta sering terjadi.

Struktur teks negosiasi

Orientasi: Pada bagian orientasi, umumnya memuat kalimat atau dialog pembuka. Biasanya salah satu negosiator akan mengucap salam untuk mengawali proses negosiasi.

  • Permintaan: Setelahnya, negosiator akan meminta suatu barang atau jasa kepada pihak lainnya.
  • Pemenuhan : Lalu, pihak lainnya akan memenuhi permintaan negosiator tadi.
  • Penawaran: Di sinilah awal mula terjadi negosiasi yang lumayan rumit dan sengit, biasanya berlangsung agak panjang.
  • Persetujuan: Setelah melakukan negosiasi panjang, akhirnya kedua belah pihak mendapatkan sebuah kesepakatan yang disetujui bersama.
  • Penutup: Biasanya dalam tahapan ini, kedua belah pihak akan mengucapkan terima kasih dan ucapan baik lainnya.

Contoh teks negosiasi

Contoh Teks Negosiasi Jual Beli

Terjadi negosiasi antara penjual HP dengan Andi. Andi ingin membeli HP untuk bermain game dengan harga sekitar Rp.3.200.000.

Penjual : “Selamat siang mas, ada yang bisa saya bantu?”

Andi     : “Saya lagi cari HP game nih mas”

Penjual : “HP game ya mas? kami ada produk baru dan masih promo mas”

Andi     : “Wah, tapi modelnya kurang bagus, ada yang lain?”

Penjual : “Ada mas, ini produk keluaran lama sih, tapi tetep mantep buat game”

Andi       : “Nah ini modelnya saya suka, berapa harganya?”

Penjual : “Karena produk lama, nggak ada promonya mas, pas 3,2 juta”

Andi       : “Saya Cuma ada uang 3 juta nih, nggak boleh kurang ya?”

Penjual : “Kalau 3 juta yang tadi mas, kalau yang ini gak bisa”

Andi       : “Tapi, saya sukanya yang ini”

Penjual : “Yaudah gini aja mas, karena masnya udah seneng juga, tak turunin jadi 3,1 juta gimana”

Andi       : “Gak ada mas, budget saya Cuma 3 juta kok”

Penjual : “yaudah deh, bentar ya saya siapkan dulu”

Andi       : “Oke, makasih mas”

Contoh Teks Negosiasi Singkat

Suatu pagi di pasar tradisional, Ibu Fatma Fatma ingin membeli ayam dan terjadilah negosiasi antara pedagang ayam dengan Ibu Fatma Fatma.

Ibu Fatma            : “Pak saya mau beli ayam, berapa ya harganya?”

Penjual Ayam    : “Harganya Rp.45.000/kg bu, mau berapa kilo?”

Ibu Fatma            : “Kok mahal pak, kemarin harganya gak segitu”

Penjual                 : “Ya buk, naiknya baru tadi pagi, saya cuma ambil untung sedikit bu”

Ibu Fatma            : “Saya beli 2 kg Rp.75.000 boleh nggak?”

Penjual                 : “waduh, gak nyampe untung bu”

Ibu Fatma            : “Kalau nggak boleh saya gak jadi beli”

Penjual                 : “Yaudah yaudah, bentar tak bungkusin dulu”

Ibu Fatma            : “Terima kasih pak”