Akademis

Apa Itu Hirarki? Simak Pengertian dan Contohnya

Mungkin kita sudah sering mendengar dan tak asing lagi dengan kata hirarki. Namun, walau sering mendengarnya, masih banyak dari kita yang belum memahami dan mengerti secara jelas apa arti dari hirarki itu sendiri.

Pengertian Hirarki

Hirarki adalah suatu sistem organisasi atau struktur yang menggambarkan tingkatan atau tatanan berjenjang dari elemen-elemen atau individu-individu dalam suatu kelompok, organisasi, atau sistem.

Hirarki mencerminkan perbedaan dalam tanggung jawab, kekuasaan, atau otoritas antara tingkatan yang berbeda dalam struktur tersebut.

Menurut Kbbi, penulisan hirarki yang benar adalah hierarki, yang artinya urutan tingkat atau jenjang jabatan. Tentu saja arti tersebut tidak bisa ditelan mentah-mentah, sebab hirarki sendiri bisa masuk ke dalam segmen yang beraneka ragam dalam kehidupan manusia.

Dilansir dari laman Binus University, Hirarki adalah alat yang paling mudah untuk memahami masalah yang kompleks di mana masalah tersebut diuraikan ke dalam elemen-elemen yang bersangkutan, menyusun elemen-elemen tersebut secara hirarkis dan akhirnya melakukan penilaian atas elemen-elemen tersebut sekaligus menentukan keputusan mana yang akan diambil.

Namun, penjelasan itu masih cukup berat didengar, apalagi dicerna. Maka, ada cara mudah untuk menjabarkan apa itu hirarki. Dari telisik segi bahasa, hirarki bisa berarti tingkatan atau level atau jenjang.

Jadi, hirarki itu bisa menggambarkan sebuah tingkatan tertentu pada hal yang sedang dibahas.

Misalnya kita membahas mengenai sebuah status sosial, maka hirarkinya adalah dinilai dari kedudukan yang memimpin dalam status sosial tersebut. Adapun hirarkinya seperti kepala desa, kepada dusun, ketua RW, ketua RT, sampai rakyat biasa.

Ketika berbicara tentang kata-kata atau bahasa, hirarki bisa berupa tingkatan struktural penggunaan bahasa. Di mana, ada bahasa yang layak diucapkan dan bahasa yang tidak seharusnya diucapkan menurut hirarki.

Hirarki itu sifatnya universal, tidak terbatas atau berpedoman pada satu hal saja. Dalam setiap sudut kehidupan, selalu ada hirarki yang menjadi pembatas. Namun, hirarki tetap berpegang teguh pada aturan yang tertulis maupun tidak.

Biasanya, hirarki juga bisa diciptakan serta muncul karena budaya atau adat-istiadat yang telah lama terjadi.

Contoh lain misalnya, mahasiswa baru secara hirarki harus mengikuti aturan dari mahasiswa lama, atau seniornya, baik dalam organisasi, dalam orientasi, bahkan dalam proses pembentukan karakter diri.

Contoh Hirarki

Konsep hirarki dapat ditemui dalam berbagai konteks, antara lain:

1. Hirarki Organisasi

Tatanan dalam suatu perusahaan atau organisasi. Sebagai contoh, ada tingkatan manajerial seperti direktur, manajer, supervisor, dan karyawan biasa. Setiap tingkatan memiliki tanggung jawab dan kekuasaan yang berbeda dalam menjalankan tugasnya.

2. Hirarki Sosial

Mengacu pada struktur sosial dalam masyarakat di mana ada tingkatan atau kelas berbeda, seperti kelas atas, kelas menengah, dan kelas bawah. Hirarki sosial bisa mencerminkan perbedaan dalam status sosial, kekayaan, dan akses ke sumber daya.

3. Hirarki dalam Konteks Ilmu Pengetahuan

Dalam bidang seperti biologi, ilmu komputer, atau ilmu sosial, hirarki sering digunakan untuk mengklasifikasikan dan mengorganisir informasi atau konsep.

Contohnya, dalam ilmu biologi, kita memiliki hirarki taksonomi untuk mengklasifikasikan makhluk hidup dari tingkat kingdom hingga species.

4. Hirarki Dalam Komunikasi

Hirarki juga dapat ditemukan dalam komunikasi formal dalam organisasi. Misalnya, dalam konteks militer, ada hirarki perintah yang jelas yang menentukan bagaimana komando dan kontrol berjalan.

Jadi, secara sederhana, begitulah arti hirarki. Sekarang sudah paham kan definisi hirarki? Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di Sastrawacana.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker