Lifestyle

9 Contoh Industri Kreatif di Indonesia yang Hasilnya Menjanjikan

Macam Macam Industri Kreatif

1. Advertising

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan usaha advertising. Ya, advertising adalah usaha yang bergerak dalam bidang periklanan untuk keperluan promosi.

Dimana, para pekerja advertising akan membuat konsep yang kreatif untuk iklan, baik berupa desain maupun kata-kata untuk menarik minat dan mendorong orang lain agar membeli produk/jasa.

2. Fesyen

Perkembangan dunia fesyen kian hari semakin berkembang. Hal tersebut dibuktikan dengan munculnya para desainer-desainer handal dengan karya terbaik mereka.

Inilah salah satu contoh idustri kreatif yang memiliki prospek baik. Di mana seorang desainer akan membuat desain mode yang mengikuti tren pasar.

3. Penerbitan Buku

Banyak yang mengatakan bahwa buku sudah tidak lagi diminati oleh masyarakat karena hadirnya teknologi yang bisa mengubah buku menjadi berkas digital atau PDF.

Padahal anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Buktinya, masih banyak toko buku yang bertahan sampai saat ini.

Bahkan juga penjualan buku semakin meningkat karena bantuan internet yang bisa menjaring pasar lebih luas.

Jadi, usaha penerbitan buku adalah salah satu contoh industri kreatif yang masih dan akan memiliki prospek menjanjikan.

4. Perfilman

Industri perfilman masih berhubungan dengan penerbitan. Sebab tidak sedikit karya film yang diadopsi dari buku/novel.

Selain itu, industri kreatif yang satu ini semakin merajai pasar. Dibuktikan dengan maraknya video-video unggahan para creator di Youtube.

Hal tersebut menunjukkan jika minat masyarakat dengan film masih sangat tinggi dan tidak akan pernah hilang.

5. Kerajinan Tangan

Contoh industri kreatif selanjutnya adalah kerajinan tangan. Kita bisa melihat betapa bagusnya prospek industri yang satu ini dengan karya aksesoris atau pernak-pernik yang dijual di berbagai daerah.

Contohnya kerajinan tangan di Bali. Setiap hari para pelaku industri kreatif selalu diburu oleh wisatawan yang datang ke sana.

Maka dari itu, kerajinan tangan menjadi salah satu sektor yang bisa meningkatkan ekonomi rakyat.

6. Riset & Pengembangan

Bidang industri yang satu ini menawarkan kreativitas dan inovatif dalam pengembangan teknologi.

Dimana, para pekerja akan mengumpulkan data analisis yang digunakan untuk meningkatkan performa produk digital mereka.

Tidak sampai di situ saja, contoh industri kreatif yang satu ini juga berkaitan dengan humaniora seperti penelitian dan pengembangan bahasa, sastra dan seni serta.

7. Pasar Seni

Pasar seni masih ramai peminatnya sampai saat ini. Ketika ada gelaran pasar seni, para pelaku industri kreatif akan memajang dan menawarkan produk seni hasil kreativitas mereka.

Oleh karenanya, pasar seni merupakan salah satu contoh industri kreatif yang akan terus bertahan walau walau ditekan dengan persaingan yang ketat.

8. Arsitektur

Contoh industri kreatif selanjutnya adalah arsitektur. Mengingat saat ini pembangunan demi pembangunan terus berlanjut, maka peran arsitek sangatlah tinggi.

Tawaran akan selalu datang karena pembangunan yang tidak akan pernah berhenti. Apalagi saat ini begitu banyak muncul rumah hunian baru atau perumahan di berbagai daerah.

9. Fotografer

Fotografer adalah salah satu contoh industri kreatif yang masih bertahan dari dulu. Bahkan saat ini kemajuannya begitu pesat ditandai dengan munculnya alat yang semakin canggih.

Ada banyak peluang bagi fotografer seperti foto produk, sampai foto pernikahan. Itulah mengapa profesi yang satu ini cukup banyak diminati oleh para pemuda saat ini.

Nah, itulah beberapa contoh industri kreatif yang perlu kita ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.id

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker