Lifestyle

Penyebab Layar Laptop Putih dan Cara Memperbaikinya

Ada begitu banyak masalah yang umum terjadi pada laptop, mulai dari lemot, kena virus, layar bergaris, keyboard tidak berfungsi, dan sebagainya.

Selain itu, ada satu masalah lagi yang cukup sering terjadi, khususnya pada laptop-laptop yang sudah tua, yaitu layar putih atau white screen.

Apakah laptopmu sedang mengalami white screen?

Kondisi layar laptop putih biasanya diketahui ketika menghidupkan laptop. Sebab ketika laptop dihidupkan, harusnya layar akan menampilkan windows.

Tapi pada kasus white screen, maka layarnya menjadi full putih, meski kondisi mesin hidup. Apa penyebab layar laptop jadi putih?

Penyebab Layar Laptop Putih

Jadi, ada beberapa pemicu yang membuat layar laptop jadi putih. Adapun beberapa penyebabnya sebagai berikut:

1. Kabel Fleksibel LCD Rusak

Penyebab layar laptop putih adalah dari kabel fleksibel yang rusak maupun longgar.

Biasanya kasus ini terjadi pada laptop yang casing nya sudah rusak juga beberapa engsel lepas. Sehingga jalur kabel keluar dari posisinya yang mengakibatkan bisa putus dan longgar.

2. Driver Display Eror

Selanjutnya, layar putih pada laptop juga bisa disebabkan oleh faktor driver display yang eror. Biasanya, driver laptop yang sering bermasalah adalah driver yang tidak original, alias palsu.

Sebab, kadang pemilik laptop suka memodifikasi software sehingga memaksakan untuk menggunakan driver bajakan.

3. Windows Bajakan

Windows bajakan juga bisa menjadi penyebab layar laptop jadi putih. Sebab, dalam windows bajakan, keamanan tidak terjamin. Bisa jadi ada virus atau malware di dalamnya.

Bahayanya jika menggunakan windows bajakan bukan hanya pada performa saja, tapi juga berpotensi kehilangan data-data penting.

Maka, usahakan untuk menggunakan windows asli.

4. Masalah Hardisk

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, laptop layar putih umumnya terjadi pada laptop tua. Meskipun laptop barupun berpotensi juga, tapi cukup jarang terjadi.

Laptop tua tentu kondisi hardisknya pun sudah usang. Ketika hardisk rusak, maka layar akan eror, seperti berwarna putih maupun hitam.

5. Masalah RAM

Selain masalah hardisk, laptop yang layarnya tiba-tiba putih juga bisa karena RAM yang sudah tidak berfungsi dengan baik.

RAM berperan untuk meningkatkan sistem kerja pada prosesor laptop. Ketika bermasalah, maka performa laptop pun akan menurun, alias lemot.

Parahnya lagi, ketika kondisinya sudah parah, laptop seakan tidak bisa berfungsi sama sekali karena sangat lemot. Bisa jadi, layar putih laptop dikarenakan RAM tidak bisa membaca sistem sehingga “ceket”.

6. Masalah VGA

Masalah pada VGA juga bisa menjadi kemungkinan terjadinya layar putih pada laptop. Sebab VGA cukup erat kaitannya dengan layar laptop, termasuk resolusi dan kejernihan layar.

Kalau rusak, layar bisa blank dan harus segera diganti yang baru agar laptop bisa berguna sebagaimana mestinya.

Cara Memperbaiki Layar Laptop Putih

Cara pertama, kita bisa uji dengan masuk ke mode safe windows. Caranya, klik tombol power untuk menghidupkan laptop, kemudian segera klik F8 secara berulang.

Ingat setiap laptop tidak sama, ada yang F8, adapula yang F10 atau F12 untuk masuk ke mode booting.

Jika berhasil, pastikan kondisi driver display dan jalankan pemindaian SFC. Hal ini bertujuan untuk mencari tahu penyebab layar putih pada laptop.

Kemudian, update driver display. Bisa menggunakan situs pencari driver maupun mengunjungi situs resmi merek laptop.

Jika cara tersebut tidak berhasil, maka kemungkinan besar masalah layar putih pada laptop karena perangkat keras, bukan dari perangkat lunaknya.

Cara selanjutnya, coba untuk melepas baterai kemudian pasang lagi. Pastikan tidak ada kabel yang menjalar keluar jika casing laptop pecah. Pasang kembali baterai dan nyalakan laptop.

Jika mampu dan memiliki alat memadai, kita bisa membuka casing laptop dan memastikan secara langsung apakah ada kabel yang putus.

Selain itu, faktor kebersihan juga memengaruhi. Kadang ada hewan yang membuat kabel rusak.

Jika semua cara masih belum dapat memperbaiki layar laptop yang putih, sebaiknya membawa laptop ke tukang servis.

Jangan memaksakan untuk otak-atik sendiri jika tidak punya pemahaman karena akan berisiko merusak komponen lainnya.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker