Akademis

Masa praaksara seringkali disebut zaman nirleka yang mempunyai arti sebagai masa dimana

Masa praaksara seringkali disebut zaman nirleka yang mempunyai arti sebagai masa dimana orang-orang pada saat itu belum mengenal tulisan.

Menurut bahasa, kata nirleka berasal dari kata nir yang artinya tidak ada, sedangkan leka artinya tulisan. Sehingga, jika digabungkan dapat berarti masa dimana tidak ada tulisan.

Baca juga: Pengertian Paleoantropologi, Ilmu yang Mempelajari Manusia Purba

Zaman prasejarah merujuk pada periode dalam sejarah manusia sebelum adanya catatan tertulis atau dokumen sejarah.

Ini adalah masa ketika manusia belum mengembangkan sistem tulisan dan informasi tentang kehidupan mereka hanya dapat dipelajari melalui bukti arkeologi, fosil, dan peninggalan materi lainnya.

Zaman prasejarah mencakup jangka waktu yang sangat panjang, yang dimulai sekitar 2,6 juta tahun yang lalu dengan munculnya manusia purba, seperti Homo habilis dan Homo erectus.

Dan kemudian berakhir sekitar 6.000 tahun yang lalu dengan munculnya peradaban-peradaban awal yang mengembangkan sistem tulisan.

Selama zaman prasejarah, manusia hidup dalam masyarakat berburu dan mengumpulkan, bergantung pada sumber daya alam yang tersedia di sekitar mereka.

Baca juga: Pengertian Prehistori, Ilmu Tentang Kebudayaan Zaman Pra Aksara

Mereka mengembangkan alat-alat dari batu dan tulang, menggunakan api, dan secara perlahan mengembangkan teknologi dan keahlian untuk bertahan hidup dan beradaptasi dengan lingkungan mereka.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker