Sastra

Arti Deklamasi Menurut Para Ahli dan Tujuannya

Secara umum, deklamasi dapat diartikan sebagai kegiatan membaca puisi dengan disertai ekspresi, intonasi, dan gerakan untuk menggambarkan konteks atau isi dari puisi tersebut.

Tujuan dari deklamasi adalah untuk mengkomunikasikan isi teks secara kuat dan memukau kepada audiens.

Pertunjukan deklamasi sering kali digunakan dalam kompetisi atau acara sastra, di sekolah-sekolah, atau bahkan dalam pertunjukan seni.

Selain itu, deklamasi juga dapat membantu pengembangan keterampilan berbicara, kemampuan interpretasi teks, dan ekspresi diri yang kuat.

Ini adalah bentuk seni lisan yang memiliki nilai budaya dan pendidikan yang penting dalam pengembangan bakat dan keterampilan berkomunikasi seseorang.

Pengertian Deklamasi Menurut Para Ahli

1. Abdullah Syukur Ibrahim (1987:147)

Deklamasi adalah peristiwa seni, yaitu seni mengungkapkan sebuah puisi kepada pendengarnya dengan gerak-gerik, mimik, dan sebagainya.

2. Tarigan (1981)

Dalam bukunya Deklamasi Sebagai Satu Keterampilan Berbahasa (1981), menjelaskan deklamasi merupakan suatu alat untuk mengkolaborasikan gagasan-gagasan yang disusun serta dikembangkan sesuai dengan kebutuhan sang pendengar.

3. Arsjad (1988:17)

Mengemukakan keterampilan deklamasi adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau mengucapkan kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan, menyampaikan pikiran, gagasan dan perasaan.

Tujuan Deklamasi

Tujuan deklamasi adalah untuk mengutarakan perasaan serta pemikiran dengan cara lisan yang didukung ekspresi dan gerakan untuk memperkuat penyampaian.

Selain itu, deklamasi juga sering digunakan untuk aksi ketika menolak sebuah kebijakan atau aturan yang dianggap kurang tepat bagi kemaslahatan umum.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)