Pendapat pro dan kontra terdapat pada bagian?

Sastrawacana.id

Pendapat pro dan kontra terdapat pada bagian
Source: pexels.com/Enzo Muñoz

Pendapat pro dan kontra terdapat pada bagian argumen.

Argumen adalah penyampaian pendapat atau sudut dalam sebuah teks diskusi dengan menyertakan alasan-alasan pendukung.

Argumen adalah penyajian ide, klaim, atau pandangan yang rasional dan terstruktur secara logis dengan tujuan untuk meyakinkan audiens agar menerima pandangan atau posisi tertentu.

Argumen tidak terbatas pada debat atau perdebatan; mereka adalah aspek fundamental dari komunikasi dan pemikiran kritis dalam berbagai konteks, termasuk tulisan akademis, diskusi, dan proses pengambilan keputusan.

Argumen terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Argumen Pro: Argumen setuju atu mendukung terhadap isu yang dibahas.
  • Argumen Kontra: Argumen tidak setuju terhadap isu yang dibahas.

Komponen utama dari sebuah argumen meliputi:

1. Klaim atau Tesis: Pernyataan pusat atau proposisi yang penulis atau pembicara mencoba untuk membangun atau buktikan. Ini adalah inti dari argumen.

2. Bukti: Informasi, fakta, contoh, statistik, atau opini dari ahli yang diberikan untuk mendukung klaim. Bukti bertujuan untuk meyakinkan audiens akan kevalidan klaim.

3. Pemikiran: Koneksi logis dan penjelasan yang menghubungkan bukti dengan klaim. Pemikiran yang baik menunjukkan bagaimana bukti mendukung klaim.

4. Counterargument: Pengakuan dan pembantahan pandangan yang berlawanan atau counterargument. Menangani pandangan yang berlawanan menambah kedalaman dan kredibilitas argumen.

5. Kesimpulan: Ringkasan atau pengulangan klaim dan bukti pendukungnya, sering disertai dengan ajakan tindakan atau upaya persuasif terakhir.

Baca Juga

Bagikan:

Sastrawacana.id

Sastrawacana.id

Media Literasi Indoenesia
x