Hiburan

6 Perbedaan Matcha dan Green Tea, Serupa Tapi Tak Sama

Bagi kamu yang penyuka teh pasti sudah tidak asing dengan matcha dan green tea, bukan?

Ya, kedua teh ini sangat familiar dan sering dianggap sama. Padahal, matcha dan green tea memiliki beberapa perbedaan, mulai dari rasa, proses produksi, harga, hingga penyajiannya.

Perbedaan Matcha dan Green Tea

Harus kamu ketahui jika matcha dan green tea itu tidaklah sama. Kedua jenis teh ini memang memiliki karakteristiknya masing-masing.

Apa perbedaan matcha dan green tea? Berikut diantaranya.

1. Berbeda Rasa

Perbedaan matcha dan green tea yang pertama yaitu terletak pada cita rasanya, kendati nyaris sama.

Green tea memiliki rasa yang lebih segar, ringan, dan lembut. Selain itu, green tea juga sering dikombinasikan dengan bahan lain seperti jahe, buah peach, madu, dan lain-lain.

Sementara, matcha mempunyai rasa yang lebih kuat, kental, dan kaya. Namun, matcha sering dikombinasikan dengan susu dan pemanis sehingga membuatnya mirip seperti green tea.

Artikel Terkait

2. Cara Penyajian

Matcha biasanya akan disajikan dengan cara mencampurkan bubuk teh dengan air panas. Matcha juga dapat diberi tambahan susu atau pemanis.

Sementara, green tea cara penyajiannya lebih sederhana, yakni dengan memanaskan air, lalu masukkan kantong teh dan didiamkan selama 3 menit.

3. Proses Produksi

Sebenarnya matcha dan green tea berasal dari tanaman yang sama, namun berbeda cara produksinya. Tanaman green tea akan langsung ditanam di bawah sinar matahari.

Sementara, matcha tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung. Proses pengolahan green tea juga jauh lebih kompleks dibandingkan matcha.

4. Berbeda Kandungan

Perbedaan matcha dan green tea juga terletak pada kandungannya. Greentea memiliki kafein yang lebih kecil dibandingkan dengan matcha.

Selain itu, kandungan antioksidan dan asam amino pada matcha juga jauh lebih besar dibandingkan green tea.

5. Berbeda Warna

Matcha biasanya mempunyai warna yang lebih cerah sebab mengandung banyak klorofil.

Sementara green tea memiliki warna hijau yang lebih kusam dan gelap. Hal ini terjadi karena perbedaan dalam proses produksi.

6. Berbeda Harga

Untuk harga, matcha dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan green tea. Hal ini karena produksi matcha jauh lebih ekstra dan berkualitas dibandingkan green tea.

Itulah perbedaan matcha dan green tea yang belum banyak diketahui.

Meskipun memiliki banyak perbedaan tetap saja matcha ataupun green tea memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker