Akademis

Apa yang dimaksud dengan teknik blok pada gambar cerita?

Teknik blok pada gambar cerita adalah teknik menutup objek gambar dengan satu warna sehingga menimbulkan kesan siluet (blok).

Jadi teknik blok digunakan untuk membuat pola atau bentuk gambar dengan cara memberi bentuk garis besarnya saja.

Baca juga: 10 Pengertian Seni Lukis Menurut Para Ahli

Sehingga tidak perlu menggambar secara detail dan tidak butuh waktu lama.

Hasil gambar dari teknik blok terbilang cukup sederhana dan tidak ada detail gambar pada objek.

Teknik blok pada gambar cerita penting dalam mengatur alur cerita yang efektif dan memastikan pembaca dapat mengikuti cerita dengan lancar.

Dengan menggunakan pengaturan panel yang tepat dan penempatan yang strategis, teknik ini membantu menciptakan visualisasi yang kuat dan memudahkan pembaca memahami urutan peristiwa dan hubungan antara adegan dalam cerita.

Pengertian Gambar Cerita

Gambar cerita adalah sebuah bentuk media yang menggabungkan gambar dan tulisan untuk menceritakan sebuah cerita.

Dalam gambar cerita, kita melihat gambar-gambar berurutan yang menggambarkan adegan atau peristiwa dalam cerita, sambil juga membaca teks yang menceritakan dialog antar karakter atau narasi cerita.

Gambar cerita seringkali memiliki beberapa kotak kecil yang disusun secara berurutan, dan kita membaca dan melihat gambar tersebut dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah untuk mengikuti alur cerita.

Setiap gambar menunjukkan apa yang terjadi dalam cerita dan kata-kata yang ada membantu menjelaskan apa yang dikatakan oleh karakter atau memberikan informasi tambahan.

Dengan gambar cerita, kita dapat mengalami cerita dengan cara yang menyenangkan dan menarik.

Gambar-gambar dan kata-kata yang digunakan membantu kita membayangkan adegan-adegan yang terjadi dan merasakan emosi dari karakter-karakter dalam cerita tersebut.

Gambar cerita hadir dalam berbagai genre dan tema, seperti petualangan, fantasi, drama, atau komedi. Kita bisa menemukan gambar cerita di buku komik, majalah, atau bahkan di media digital seperti webcomic.

Dalam gambar cerita, seni visual dan tulisan saling bekerja sama untuk menciptakan pengalaman membaca yang unik dan menyenangkan.

Itu memungkinkan kita untuk terlibat dalam cerita dengan cara yang berbeda dibandingkan membaca buku biasa, karena kita bisa melihat visualisasi adegan dan karakter yang disajikan dalam gambar.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)