Lifestyle

9 Ciri-Ciri Orang yang Rendah Hati, Kamu Termasuk?

Orang yang rendah hati cenderung mudah diterima oleh orang lain dimanapun ia berada. Maka, sejak kecil, seseorang diajarkan untuk rendah hati.

Bahkan, perihal rendah hati selalu dituturkan oleh guru sejak Sekolah Dasar karena menjadi orang yang rendah hati adalah keharusan untuk menciptakan hubungan harmonis terhadap masyarakat.

Ciri-Ciri Orang Rendah Hati

Lantas, apa saja ciri-ciri orang yang rendah hati? Berikut diantaranya:

1. Tidak memiliki sifat sombong

Orang yang rendah hati cenderung tawaduk dan tidak sombong dengan apa yang dimiliki. Orang yang rendah hati mampu berpikir sehat bahwa sebetulnya masih banyak orang lain yang lebih hebat daripada dia.

2. Menerima kritik dan masukan dengan baik

Ciri ciri orang rendah hati selanjutnya adalah selalu menerima masukan dari orang lain. Ia tidak pernah merasa paling hebat sehingga semua masukan dapat diterima sebagai bentuk introspeksi diri.

3. Tidak suka membanding-bandingkan

Orang yang rendah hati cenderung menerima perbedaan sehingga tidak suka membanding-bandingkan. Apalagi membandingkan prestasinya dengan orang lain karena itu dapat menyakiti hati dan perasaan orang lain.

4. Selalu memberikan porsi yang lebih besar pada orang lain

Orang yang rendah hati tidak pernah mementingkan diri sendiri dan cenderung mengalah terhadap orang lain. Semisal, ada kesempatan berbicara, maka ia akan memberikan porsi lebih kepada orang lain daripada diri sendiri.

5. Menunjukkan empati terhadap orang lain

Orang yang rendah hati sangat empati terhadap kondisi orang lain. Ia juga cenderung menunjukkan empatinya dengan tindakan untuk membantu orang lain.

6. Tidak mudah tersinggung

Orang yang rendah hati juga tidak mudah tersinggung, apalagi terhadap hal-hal yang sepele.

7. Berusaha untuk selalu belajar dan meningkatkan diri

Orang yang rendah hati tidak menganggap dirinya hebat. Oleh karenanya, ia akan terus belajar untuk meningkatkan diri.

8. Berusaha untuk memahami pandangan orang lain

Orang yang rendah hati tidak menganggap dirinya superior dan selalu benar. Sehingga ia akan lebih menghargai dan memahami pandangan atau cara berpikir orang lain.

9. Selalu memberikan apresiasi dan penghargaan pada orang lain

Orang yang sombong tidak akan pernah mau memberi apresiasi kepada orang lain. Berbeda dengan orang yang rendah hati, yang selalu memberi apresiasi terhadap pencapaian orang lain.

Beberapa ciri-ciri di atas menunjukkan bahwa seseorang yang rendah hati memiliki sikap yang baik dan mudah diterima oleh orang lain.

Mereka juga dapat membantu membangun suasana yang harmonis dan saling menghormati satu sama lain.

x
Close

Adblock Detected

Please turn off Ad Blocker