Pendidikan

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi 1 Sampai 5

Sejarah komputer diawali dari penemuan dari Charles Babbage berupa alat hitung yang kemudian membuat namanya dikenal sebagai ilmuwan paling berpengaruh dalam perkembangan komputer.

Sebba, dengan alat hitung yang dia temukan, teknologi canggih bernama komputer akhirnya dapat tercipta.

Kendati membutuhkan waktu yang lama, tapi komputer terus berkembang seiring berjalannya waktu dari generasi ke generasi.

1. Komputer Generasi Pertama

Perangkat yang pertama kali dikembangkan adalah komputer untuk desain peluru kendali dan pesawat yang konsepnya digagas oleh ilmuwan asal Jerman, Konrad Zuse.

Kemudian pada pertengahan 1940-an, John von Neuman mengembangkan perangkat komputer lebih lanjut yang program utamanya adalah machine language.

Komputer generasi pertama memiliki ciri khas, yaitu CPU (Central Processing Unit) yang digunakan untuk mengoperasikan seluruh sistem dalam komputer.

2. Komputer Generasi Kedua

Pada generasi kedua ada penemuan penting, yaitu transistor, alat canggih berukuran kecil yang dapat memaksimalkan kinerja komputer.

Pada 1960-an, para ilmuwan mencoba menggarap komputer generasi kedua yang kemudian digunakan oleh beberapa instansi, universitas, serta pemerintah.

Perkembangan komputer pada generasi kedua ini adalah transistor yang membuat komputer generasi kedua menjadi lebih kecil daripada generasi pertama.

3. Komputer Generasi Ketiga

Setelah generasi kedua berlangsung, didapati kesimpulan jika transistor membuat komputer lebih cepat panas. Sehingga komputer generasi kedua mulai ditinggalkan.

Seorang ilmuwan bernama Jack Billy melakukan penelitian lebih lanjut, hingga pada tahun 1958 ia menciptakan komponen pengganti transistor, yaitu IC (Integrated Circuit) yang dapat menampung beberapa komponen menjadi satu.

Alhasil, ukuran komputer pada generasi ketiga ini menjadi lebih kecil. Selain itu, komputer generasi ketiga juga lebih cepat pada sistem operasi dan mampu menjalankan beberapa program secara bersamaan dalam satu waktu.

4. Komputer Generasi Keempat

Pada generasi keempat, komputer yang menggunakan chip IC dikembangkan lagi oleh Perusahaan Very Large Scale Integration pada tahun 1980-an.

Hasilnya, satu chip tunggal bisa menampung ribuan komponen di dalamnya. Dari sinilah lahir istilah PC (Personal Computer).

Sejak saat itu, perangkat komputer mulai dipasarkan ke perorangan. Lantas, seiring berjalannya waktu, muncul perangkat komputer yang dapat dibawa ke mana-mana, yakni Laptop.

5. Komputer Generasi Kelima

Komputer generasi kelima menggunakan perangkat microprocessor berteknologi ULSI yang saat ini dikembangkan berbagai ilmuwan dan pakar dari seluruh dunia.

Perkembangan komputer generasi kelima adalah perangkat komputer yang dapat dijalankan tanpa harus menggunakan kontak fisik, tetapi menggunakan otak.

Salah satu contohnya adalah AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan yang dimasukkan ke dalam perangkat untuk menjalankan perintah layaknya manusia.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)