Akademis

Mengenal Sistem Organ Gerak Manusia dan Fungsinya

Sistem gerak merupakan sebuah sistem organ pada manusia yang berfungsi untuk melakukan pergerakan tubuh.

Sistem gerak juga berfungsi untuk menahan berat badan dan menjaga postur tubuh. Sistem gerak manusia terdiri dari sistem gerak aktif dan pasif.

Sistem Gerak Aktif

Sistem gerak aktif merupakan organ yang memiliki kemampuan untuk kontraksi, elastis, relaksasi, dan bergerak. Sistem gerak aktif pada manusia terdiri dari:

1. Otot

Jaringan otot pada manusia terbuat dari ribuan serat elastin yang berguan untuk melakukan pergerakan, berdiam diri, duduk, dan sebagainya. Terdapat 2 jenis otot yang termasuk dalam sistem gerak manusia, yaitu otot halus dan skeletal.

Sistem Gerak Pasif

Sistem gerak pasif merupakan sistem gerak pada manusia dimana pergerakannya diperlukan bantuan organ gerak yang lainnya. Yang termasuk sistem gerak pasif yaitu sebagai berikut:

1. Tulang

Tulang merupakan salah satu organ yang terdapat dalam sistem gerak yang tersusun menjadi sistem rangka. Untuk melakukan pergerakan tulang harus dibantu tendon, otot, ligamen, dan jaringan ikat.

Selain itu, tulang berfungsi untuk menghasilkan darah, menyimpan kalsium, menopang tubuh, dan melindungi organ dan jaringan.

2. Sendi

Sendi merupakan sebutan antara dua buah tulang. Sendi terbagi kedalam beberapa kategori salah satunya berdasarkan pergerakannya yaitu sendi tidak bergerak (sinartrosis), sedikit bergerak (amphiarthrosis), dan sendi bebas bergerak (diarthrosis).

3. Ligamen

Ligamen merupakan sistem gerak manusia yang menghubungkan antara tulang satu dengan tulang yang lainnya. Fungsi dari ligamen yaitu untuk menjaga stabilitas sendi. Ligamen terdiri dari kolagen dan serat elasti yang kuat.

Komponen Lain Dalam Sistem Gerak Manusia

Selain adanya sistem gerak aktif dan pasif, terdapat juga komponen sistem gerak manusia yang lainnya yaitu sebagai berikut:

1. Tendon

Tendon menghubungkan otot pada tulang yang terbuat dari jaringan kolagen dan fibrosan.

2. Tulang rawan

Tulang rawan merupakan jenis jaringan ikat yang berfungsi sebagai bantalan tulang pada sendi. Fungsi tulang rawan yaitu untuk melindungi tulang supaya tidak saling bergesekan.

3. Saraf

Saraf dalam sistem gerak manusia berguna untuk mengendalikan kontraksi otot skeletal dan menginterpretasikan informasi rangsangan.

4. Bursae

Bursae merupakan kantung yang berisi cairan berguna untuk bantalan dan mengurangi gesekan pada permukaan organ tubuh yang bergerak.

Itulah beberapa sistem organ gerak manusia dan fungsinya yang harus kamu tahu.

Dengan adanya sistem gerak, kita jadi lebih leluasa dan mudah untuk melakukan sesuatu.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan sistem gerak dengan rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker