Akademis

Apa Pengertian Alel dan Sebutkan Contohnya?

Pengertian Alel

Alel adalah varian dari suatu gen yang terletak pada lokus tertentu pada kromosom.

Setiap individu memiliki dua alel pada lokus yang sama, satu diwarisi dari ibu dan satu lagi diwarisi dari ayah.

Alel bisa berupa alel dominan atau alel resesif. Alel dominan adalah alel yang menentukan ekspresi fenotipik pada individu yang heterozigot (memiliki dua alel yang berbeda).

Sedangkan alel resesif adalah alel yang hanya menentukan ekspresi fenotipik pada individu homozigot (memiliki dua alel yang sama).

Pengertian alel sangat penting dalam memahami genetika dan pewarisan sifat pada makhluk hidup.

Melalui pengamatan alel-alel yang terdapat pada genotipe suatu individu, kita dapat memprediksi kemungkinan pewarisan sifat pada keturunannya.

Pewarisan alel-alel dari orangtua ke anak dipengaruhi oleh aturan pewarisan genetik yang dijelaskan oleh hukum Mendel.

Hukum ini menyatakan bahwa alel-alel pada lokus yang berbeda dipisahkan secara acak saat pembentukan sel kelamin (meiosis), dan setiap sel kelamin hanya membawa satu alel dari setiap lokus.

Oleh karena itu, pada keturunan yang dihasilkan, terdapat peluang tertentu bagi suatu alel untuk diwarisi dan menentukan ekspresi fenotipik individu tersebut.

Contoh Alel

Contoh sederhana pengertian alel adalah pada sifat warna bunga pada tanaman.

Misalnya, gen untuk warna bunga pada tanaman adalah B, dengan alel dominan B yang menghasilkan warna bunga merah, dan alel resesif b yang menghasilkan warna bunga putih.

Jika tanaman heterozigot (Bb) dikawinkan dengan tanaman lain yang juga heterozigot, maka peluang keturunan memiliki genotipe BB, Bb, atau bb adalah masing-masing 25%, 50%, dan 25%.

Dari sini, kita dapat memprediksi kemungkinan warna bunga yang akan dimiliki oleh keturunan tersebut.

Dalam biologi modern, pengertian alel telah berkembang dengan konsep alelik frekuensi pada suatu populasi.

Konsep ini menjelaskan tentang frekuensi masing-masing alel pada suatu populasi dan bagaimana frekuensi tersebut dapat berubah seiring waktu karena faktor seleksi alam, mutasi, atau perpindahan gen (gene flow).

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)