Akademis

Agar awet sebuah kolase perlu diberi sentuhan akhir berupa?

Agar awet sebuah kolase perlu diberi sentuhan akhir berupa warna karena warna adalah unsur penting dalam menambah nilai keindahan.

Pengertian Kolase

Kata kolase, yang dalam bahasa Inggris disebut “collage” berasal dari kata”coller” dalam bahasa Prancis, yang berarti “merekat”.

Selanjutnya kolase dipahami sebagai sebuah teknik seni menempel berbagai macam materi selain cat, seperti kertas, kain, kaca, logam, dan sebagainya, atau dikombinasikan dengan penggunaan cat atau teknik lainnya.

Kolase adalah sebuah teknik menempel berbagai macam unsure ke dalam satu frame sehingga menghasilkan karya seni yang baru.

Proses pembuatan kolase dimulai dengan memilih bahan-bahan yang akan digunakan, baik berdasarkan tema, warna, tekstur, atau bentuk.

Kemudian, bahan-bahan tersebut dipotong, disusun, dan ditempelkan pada media yang telah disiapkan, seperti kanvas, karton, atau media lainnya.

Dengan kombinasi yang kreatif, kolase dapat menciptakan gambar yang unik dan menarik.

Kolase memberikan kebebasan ekspresi artistik yang luas karena memungkinkan penggabungan berbagai elemen visual yang berbeda menjadi satu karya yang utuh.

Keindahan dan pesan dalam kolase dapat diungkapkan melalui pemilihan bahan, susunan, dan cara penyatuan unsur-unsur tersebut.

Selain sebagai bentuk seni visual, kolase juga dapat digunakan sebagai teknik dalam desain grafis, ilustrasi, dan seni terapan.

Dalam desain grafis, kolase dapat digunakan untuk menciptakan gambar atau poster dengan tampilan yang unik dan menarik.

Sementara dalam seni terapan, kolase sering digunakan untuk membuat karya seperti kartu ucapan, album foto, atau dekorasi ruangan.

Kolase merupakan media yang serba mungkin, di mana imajinasi dan kreativitas seniman bebas berkembang.

Dengan kombinasi yang unik dan tak terduga, kolase mampu menghasilkan karya seni yang menggugah perasaan dan memberikan pengalaman visual yang berbeda.

Dengan demikian, kolase adalah karya seni rupa yang dibuat dengan cara menempelkan bahan apa saja kedalam satu komposisi yang serasi sehingga menjadi satu kesatuan karya.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker