Akademis

Asean Didirikan Pada Tanggal?

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 oleh lima negara anggota pendiri, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Tujuan didirikannya ASEAN adalah untuk meningkatkan kerjasama regional dalam bidang politik, ekonomi, dan sosial-budaya di kawasan Asia Tenggara.

Baca juga: Apa saja bentuk kerjasama ASEAN di bidang pendidikan?

Pada awalnya, ASEAN berfokus pada peningkatan stabilitas politik di kawasan dan memperkuat hubungan ekonomi antara negara anggota.

Namun, seiring berjalannya waktu, ASEAN juga memperluas fokusnya ke isu-isu keamanan regional, seperti terorisme, perdagangan manusia, dan narkotika.

Sejak didirikan, ASEAN telah berkembang dan saat ini terdiri dari 10 negara anggota, yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Filipina, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

ASEAN juga telah berhasil menciptakan beberapa kerjasama regional yang sukses, seperti ASEAN Free Trade Area (AFTA) dan ASEAN Regional Forum (ARF).

ASEAN terus berupaya untuk memajukan kawasan Asia Tenggara melalui kerjasama regional yang erat dan saling menguntungkan antara negara-negara anggotanya.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)