Lifestyle

Mengenal Heuristik dalam Psikologi dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Heuristik adalah sebuah pendekatan atau metode berpikir yang digunakan untuk memecahkan masalah atau mengambil keputusan dengan mengandalkan pengetahuan, pengalaman, dan intuisi.

Pendekatan heuristik memungkinkan seseorang untuk membuat estimasi atau keputusan yang memadai dalam waktu yang singkat atau dengan sumber daya yang terbatas.

Heuristik berjalan berdasarkan asumsi bahwa hasil yang baik atau solusi yang memadai dapat dicapai dengan mengikuti prinsip atau langkah-langkah tertentu.

Baca juga: Mengenal Princess Syndrome, Istilah yang Viral di Media Sosial

Meskipun heuristik dapat membantu dalam mengambil keputusan atau menyelesaikan masalah dengan cepat, penting untuk diingat bahwa heuristik tidak menjamin solusi yang optimal atau benar dalam setiap situasi.

Sebab, heuristik dapat rentan terhadap bias atau kesalahan penilaian yang dapat mempengaruhi keputusan yang diambil.

Dalam metode heuristik, tidak ada langkah atau prosedur yang pasti untuk mencapai solusi yang benar.

Sebaliknya, metode heuristik memberikan panduan umum atau aturan praktis yang dapat membantu seseorang dalam mengambil keputusan dengan cepat dan efisien.

Metode heuristik didasarkan pada pengetahuan dan pengalaman sebelumnya yang telah terbukti berhasil dalam situasi serupa.

Pendekatan ini mengasumsikan bahwa dengan mengikuti aturan atau strategi yang telah terbukti berhasil sebelumnya, hasil yang baik atau solusi yang memadai dapat dicapai dalam situasi saat ini.

Metode heuristik juga bisa disesuaikan dengan konteks atau masalah yang sedang dihadapi.

Penggunaannya dapat melibatkan penerapan aturan praktis, evaluasi cepat terhadap opsi yang tersedia, atau penggunaan penilaian kasus-kasus sebelumnya untuk memperkirakan hasil yang mungkin terjadi.

Baca juga: Pengertian Koersi Sosiologi, Jenis, dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Heuristik dalam Kehidupan Sehari-Hari

Konsep heuristik kadang membuat seseorang memutuskan sesuatu dengan cepat, meski keputusan itu belum tentu optimal.

Sebagai contoh, ketika ada seseorang yang sering membaca berita tentang kecelakaan bis, bahkan pernah menyaksikan langsung, maka itu akan tertanam dalam pikiran.

Ketika ingin bepergian jauh, maka seseorang tersebut akan mengambil keputusan untuk tidak naik bis, melainkan menggunakan alat transportasi lain seperti kereta.

Contoh lain ketika seseorang ingin membeli sebuah produk, maka akan muncul kecenderungan untuk membeli produk yang sering muncul dalam iklan.

Hal tersebut karena orang cenderung menganggap produk yang iklankan merupakan produk yang lebih aman dan terjamin kualitasnya, meski hal tersebut belum dibuktikan secara pasti.

Nah, itulah pengertian heuristik dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Heuristik ini memiliki kelebihan dan kelemahan tertentu dan dapat memberikan hasil yang memadai dalam keadaan tertentu.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)