Lifestyle

Sebutkan 3 Macam Kewajiban Suami Terhadap Istri, Ini Jawabannya

Kewajiban suami terhadap istri adalah tanggung jawab dan tugas yang harus dipenuhi oleh seorang suami terhadap pasangannya dalam sebuah pernikahan.

Kewajiban ini bertujuan untuk menjaga dan membangun hubungan yang sehat, saling mendukung, dan harmonis antara suami dan istri.

Sebagai suami, terdapat beberapa kewajiban yang harus dipenuhi terhadap istri. Karena sifatnya wajib, maka suami akan berdosa jika tidak memenuhinya.

Kewajiban-kewajiban ini mencakup aspek-aspek penting dalam membangun hubungan yang sehat dan harmonis dalam pernikahan.

Maka, sebelum menikah, hendaknya kaum pria mengetahui apa saja kewajiban suami kepada istri yang harus dipenuhi agar terhindar dari dosa dan kegagalan rumah tangga.

Baca juga: Pengantin Baru Wajib Tahu, Inilah 6 Cara Mudah Membahagiakan Suami

Kewajiban Suami Terhadap Istri

Berikut ini adalah tiga macam kewajiban suami terhadap istri yang harus dipenuhi oleh suami dalam menjalin sebuah hubungan rumah tangga.

1. Kewajiban Memberikan Nafkah Lahir dan Batin

Kewajiban utama suami terhadap istri adalah memberikan nafkah lahir dan batin.

Nafkah lahir mencakup pemenuhan kebutuhan dasar istri seperti makanan, sandang, dan papan. Sementara nafkah batin yang sifatnya tidak dapat dilihat, seperti kasih sayang.

Suami harus bertanggung jawab untuk menyediakan sumber pendapatan yang mencukupi agar istri dapat hidup dengan layak.

Hal ini juga meliputi memberikan dukungan finansial untuk kebutuhan sehari-hari, pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan lainnya yang diperlukan oleh istri.

Baca juga: Terungkap, Ini Alasan Wanita Selingkuh Menurut Psikologi

2. Kewajiban Melindungi dan Memberikan Keamanan

Suami memiliki kewajiban untuk melindungi dan memberikan keamanan bagi istri, seperti melindungi istri dari segala bentuk kekerasan fisik, emosional, atau psikologis.

Suami harus menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman di dalam rumah tangga.

Dalam upaya menciptakan keharmonisan, suami bisa berlaku yang baik, seperti menghormati perasaan istri, berbicara dengan sopan, dan mendengarkan dengan penuh perhatian.

Suami juga harus memastikan bahwa istri merasa aman dan dilindungi dari ancaman eksternal.

Baca juga: 10 Asuransi Pendidikan Anak Terbaik Lengkap dengan Brosurnya

3. Kewajiban Menjaga Keseimbangan dalam Rumah Tangga

Suami memiliki tanggung jawab untuk menjaga keseimbangan dalam rumah tangga, seperti berbagi tanggung jawab dalam mengelola pekerjaan rumah tangga, mengasuh anak-anak, dan membuat keputusan bersama.

Suami harus terlibat aktif dalam tugas-tugas rumah tangga dan tidak membebani istri dengan semua tanggung jawab tersebut.

Kewajiban ini juga mencakup menghargai pendapat dan kontribusi istri dalam pengambilan keputusan keluarga, sehingga menciptakan rasa keterlibatan dan kesetaraan antara suami dan istri.

Itulah 3 macam kewajiban suami terhadap istri untuk menjaga kebahagiaan dan keharmonisan dalam pernikahan.

Melalui pemenuhan kewajiban ini, suami dapat membangun hubungan yang saling menghormati, saling mendukung, dan saling melengkapi dengan istri.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker