Pendidikan

Apa Itu Server? Ini Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Server adalah sebuah sistem komputer yang bertugas menjadi sumber daya kepada komputer-komputer lain yang terhubung dalam satu jaringan.

Server berfungsi untuk menerima permintaan dari komputer klien dan memberikan respons atau hasil yang diminta.

Dalam konteks komputer dan jaringan, server bertindak sebagai pusat kontrol dan penyimpanan data yang dapat diakses oleh pengguna atau perangkat lain yang terhubung ke dalam jaringan tersebut.

Server dapat berupa perangkat keras (hardware) yang terdiri dari rangkaian komputer atau dapat juga berupa perangkat lunak yang dijalankan di atas perangkat keras yang ada.

Server bertindak sebagai pusat pengelolaan dan koordinasi dalam suatu jaringan, memberikan layanan dan sumber daya yang diperlukan oleh komputer-komputer klien dalam jaringan tersebut.

Baca juga: Homepage: Pengertian, Elemen, dan Tujuannya dalam Sebuah Situs Web

Jenis-Jenis Server

Secara umum, ada beberapa jenis server yang umum digunakan, diantaranya adalah:

1. Server File

Jenis server ini menyimpan dan mengelola file-file yang dapat diakses oleh pengguna dalam jaringan. Server file memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengambil, dan membagikan file dengan pengguna lain.

2. Server Web

Server web merupakan server untuk menyimpan dan menyajikan halaman web atau aplikasi web kepada pengguna melalui internet.

Server web menerima permintaan dari browser pengguna dan mengirimkan halaman web yang diminta kepada pengguna.

Baca juga: 12 Cara Membuat Website Gratis di Google dengan Mudah

3. Server Basis Data

Servers basis data adalah server yang bertanggung jawab untuk mengelola basis data atau sistem manajemen basis data (DBMS).

Server ini menyimpan dan mengelola data dalam basis data dan memungkinkan pengguna atau aplikasi untuk mengakses, memperbarui, dan mengelola data tersebut.

4. Server Aplikasi

Server aplikasi adalah server yang menjalankan aplikasi atau perangkat lunak tertentu dan menyediakan layanan kepada klien yang membutuhkan.

Server aplikasi sering digunakan dalam lingkungan bisnis untuk menjalankan aplikasi yang dapat diakses oleh pengguna di berbagai perangkat.

5. Server Email

Server email adalah server yang bertugas mengirim, menerima, dan menyimpan email. Server email memfasilitasi pengiriman dan penerimaan pesan email antara pengguna dalam jaringan atau dengan server email lainnya di internet.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Switch? Ini Pengertian dan Fungsinya

Fungsi Server

Server memiliki berbagai fungsi penting dalam sebuah jaringan komputer. Berikut adalah beberapa fungsi server:

1. Penyedia Layanan

Server berfungsi sebagai penyedia layanan yang menyediakan berbagai jenis layanan kepada pengguna atau perangkat yang terhubung ke dalam jaringan.

Contohnya, server web menyediakan halaman web kepada pengguna, server email menyediakan layanan pengiriman dan penerimaan email, server file menyimpan dan membagikan file-file, dan server basis data menyimpan dan mengelola data.

2. Penyimpanan Data

Server berperan sebagai pusat penyimpanan data yang dapat diakses oleh pengguna atau perangkat lain dalam jaringan.

Server file dan server basis data secara khusus bertanggung jawab menyimpan dan mengelola data yang dibutuhkan oleh pengguna atau aplikasi dalam jaringan.

3. Manajemen Akses

Server memiliki fungsi untuk mengatur dan mengelola akses pengguna atau perangkat lain ke dalam jaringan atau sumber daya yang ada.

Server menggunakan mekanisme keamanan seperti otentikasi dan otorisasi untuk memastikan bahwa hanya pengguna yang memiliki izin yang tepat yang dapat mengakses data atau layanan tertentu.

4. Penjadwalan dan Koordinasi

Server berperan dalam penjadwalan dan koordinasi tugas atau pekerjaan dalam jaringan.

Misalnya, server aplikasi dapat mengatur dan mengelola permintaan dari klien, server basis data dapat menangani kueri dan pemrosesan data, dan server email dapat mengatur pengiriman dan penerimaan pesan.

Baca juga: 7 Ancaman Pada Sistem Operasi dan Cara Mengamankannya

5. Pemulihan Cadangan Data

Server juga berfungsi untuk melakukan pemulihan cadangan data. Beberapa server dikonfigurasi untuk mencadangkan data secara teratur, sehingga jika terjadi kegagalan perangkat keras, data dapat dipulihkan dari cadangan.

6. Skalabilitas dan Kinerja

Server memungkinkan skalabilitas dan kinerja yang baik dalam jaringan.

Dengan menggunakan server, sumber daya dapat dikonsolidasikan dan dikelola secara efisien, sehingga jaringan dapat menangani beban yang lebih besar dan memberikan respons yang cepat kepada pengguna.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker