Lifestyle

Arti Gomawo dalam Bahasa Korea dan Contoh Kalimatnya

Tidak bisa dipungkiri jika kepopuleran drama Korea di Indonesia telah memengaruhi kultur generasi muda, baik dalam tata busana maupun dalam cara berkomunikasi.

Buktinya banyak istilah-istilah Korea yang digunakan dalam percakapan sehari-hari, khususnya oleh anak-anak muda dan penggemar drakor, seperti Yeppeuda dan Gomawo.

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas apa itu yeppeuda. Pada kesempatan ini, kita akan mengulas tentang apa itu gomawo dan bagaimana cara menggunakannya. Yuk disimak!

Baca juga: Kumpulan Nama Anak Korea Laki-Laki Sesuai Abjad dan Artinya

Pengertian Gomawo

Secara harfiah, 고마워 atau gomawo adalah ucapan terima kasih dalam bahasa Korea.

Istilah ini digunakan untuk mengungkapkan rasa terima kasih dan penghargaan terhadap bantuan, perhatian, atau kebaikan yang diterima dari seseorang.

Namun perlu diingat, gomawo adalah ungkapan terima kasih yang sifatnya informal. Sehingga penggunaannya untuk teman sebaya dalam situasi yang santai.

Kata gomawo tidak cocok digunakan dalam urusan yang resmi atau kepada orang yang lebih tua karena kita akan dianggap tidak sopan.

Baca juga: 5 Buku Korea Best Seller yang Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia

Meskipun hanya ucapan terima kasih, tapi dalam budaya Korea ada nilai-nilai sopan santun dalam berkomunikasi sehingga harus tepat penggunaannya agar tidak sampai menyinggung perasaan orang lain.

Ada tingkatan-tingkatan dalam mengucapkan terima kasih dalam bahasa Korea. Gomawo termasuk sebagai ungkapan yang informal. Sementara ungkapan yang formal adalah kamsahamnida.

Kamsahamnida (감사합니다) adalah ungkapan terima kasih dalam bahasa Korea yang digunakan dalam komunikasi formal.

Kamsahamnida diucapkan kepada orang yang lebih tua, seperti guru, senior, dan orang tua. Selain itu, ungkapan ini juga biasa digunakan kepada orang yang belum dikenal.

Selain kamsahamnida, masih ada beberapa ungkapan terima kasih lainnya yang bersifat formal, seperti 고맙습니다 (Gomapseumnida), 수고했어요 (Sugohaesseoyo), 고마워요 (Gomawoyo).

Baca juga: Kumpulan Kata Kata Romantis Bahasa Korea

Contoh Kalimat Menggunakan Kata Gomawo

Agar lebih paham penggunaan ungkapan maaf dalam bahasa Korea, simak beberapa contohnya berikut ini:

1. 고마워요 (gomawoyo) – Terima kasih.

2. 정말 고마워요 (jeongmal gomawoyo) – Terima kasih banyak.

3. 정말로 고마워요 (jeongmallo gomawoyo) – Sungguh-sungguh terima kasih.

4. 너무 고마워요 (neomu gomawoyo) – Terima kasih sangat.

5. 고마워요, 너의 도움에 정말 감사해요 (gomawoyo, neoui doume jeongmal gamsahaeyo) – Terima kasih, aku sangat berterima kasih atas bantuanmu.

7. 고마워요, 이 선물은 정말 예쁘고 감동적이에요 (gomawoyo, i seonmureun jeongmal yeppeugo gamdongjeogiaeyo) – Terima kasih, hadiah ini sangat cantik dan mengharukan.

8. 정말로 고마워요, 네가 항상 나를 지지해줘서 (jeongmallo gomawoyo, nega hangsang nareul jijihaejwoseo) – Sungguh-sungguh terima kasih, karena kamu selalu mendukungku.

9. 고마워요, 네가 항상 고맙게도 내 곁에 있어줘 (gomawoyo, nega hangsang gomabgedo nae gyeote isseojweo) – Terima kasih, karena kamu selalu berada di sisiku.

Nah, itulah penjelasan tentang apa arti gomawo dan penggunaannya dalam bahasa Korea.

Semoga bermanfaat, jangan lupa membaca artikel menarik lainnya di Sastrawacana.id.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker