Akademis

Arti Kata Spesies Adalah? Ini Pengertian dan Penjelasannya

Arti kata spesies menurut KBBI adalah satuan dasar klasifikasi biologi; jenis.

Spesies adalah kategori taksonomi yang mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan kesamaan struktur anatomi, sifat fisik, dan kemampuan reproduksi.

Dalam biologi, spesies adalah unit dasar dari klasifikasi organisme yang paling mendasar.

Organisme-organisme yang termasuk dalam satu spesies memiliki kemampuan untuk saling berkembang biak dan menghasilkan keturunan yang subur.

Definisi spesies menurut ilmu biologi adalah:

“Spesies adalah kelompok individu yang dapat saling berinteraksi dan menghasilkan keturunan yang subur dalam kondisi alamiah.”

Definisi lain spesies adalah sekelompok individu yang mempunyai karakter morfologi, fisiologi atau biokimia berbeda dengan kelompok lain (definisi secara morfologis).

Baca juga: 15 Cabang-Cabang Biologi dan Penjelasannya

Spesies dapat diartikan sebagai sekelompok individu yang menunjukkan beberapa karakteristik penting berbeda dari kelompok-kelompok lain baik secara morfologi, fisiologi atau biokimia.

Definisi spesies secara morfologis ini yang paling banyak digunakan oleh pada taksonom yang mengkhususkan diri untuk mengklasifikasikan spesies dan mengidentifikasi spesimen yang belum diketahui (Mochamad Indrawan, 2007: 16-18).

Contoh spesies adalah Homo sapiens (manusia), Panthera leo (singa), Canis lupus (serigala), dan Pisum sativum (kacang polong), Allium sativum (bawang putih), Zea mays (jagung), dan sebagainya.

Setiap spesies memiliki karakteristik dan ciri-ciri khusus yang membedakan mereka dari spesies lain dalam taksonomi.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker