Lifestyle

10 Cara Mendidik Anak di Rumah Untuk Kembangkan Potensinya

Memiliki anak yang berprestasi tentu menjadi harapan setiap orang tua. Selain membanggakan, anak yang berprestasi yang juga dapat mengantarkannya menjadi pribadi yang baik di masa depan.

Maka, sebagai orang tua hendaknya mengetahui bagaimana cara mendidik anak di rumah agar dapat menggali serta mengembangkan potensi yang dimiliki anak.

Baca juga: 5 Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak dan Manfaatnya Untuk Kehidupan Anak

Cara Mendidik Anak di Rumah

Dikutip dari Explore Learning, berikut ini adalah beberapa kiat mendidik anak di rumah yang benar.

1. Luangkan waktu untuk minat anak

Orang tua hendaknya meluangkan waktu untuk berbicara dan menanyakan apa yang menjadi minat anak.

Dengan mengetahuinya, orang tua bisa melakukan atau mempraktikkan minat tersebut secara berkala untuk mengasah kemampuan anak.

2. Latihan fisik

Setiap anak perlu melakukan latihan secara rutin karena hal tersebut dapat membantu otak untuk mendapatkan suplai oksigen yang cukup.

Orang tua dapat mengajak anak untuk latihan fisik sederhana, seperti berjalan, menendang bola, menari, lompat trampolin, dan sebagainya.

3. Makan bersama sambil berunding

Momen makan bersama anak tidak boleh dilewatkan oleh orang tua. Sebab, dalam momen tersebut, orang tua dapat berbicara lebih dalam dengan anak.

Misalnya, menanyakan apa yang telah dan akan dilakukan anak selanjutnya. Kemudian, orang tua juga bisa meminta anak untuk membagikan pandangannya terhadap sebuah hal yang berkaitan dengan masyarakat luas.

4. Punya rutinitas yang fleksibel

Maksud dari rutinitas yang fleksibel adalah kita tidak harus menuntut anak mengerjakan hal-hal yang diluar batas kemampuannya. Sebab, anak sudah rutinitas sendiri, seperti sekolah dan bermain.

Jadi, meskipun fleksibel, tetapkan rutinitas yang berkaitan dengan sekolah dan belajar. Selebihnya, biarkan anak mengatur sendiri, semisal ia lelah dan ingin istirahat.

5. Membiasakan baca buku

Jika rumah memiliki ruang baca sendiri, itu akan sangat mendukung. Kendati pun tidak ada, kita bisa memberikan buku bacaan berkualitas yang dapat dibaca anak kapan saja dan di mana saja.

Ada banyak contoh buku bacaan berkualitas untuk membentuk karakter anak, contohnya bisa baca di sini: 7 Rekomendasi Buku Pendidikan Karakter Untuk Mencetak Generasi Emas

6. Memberi tugas

Kemudian, orang tua juga bisa memberikan tugas berbeda setiap hari kepada anak, seperti pekerjaan-pekerjaan rumah, tujuannya untuk mengembangkan keterampilan anak.

7. Mengikuti pelajaran online

Saat ini begitu banyak tersedia platform belajar online yang bisa diikuti oleh anak, baik yang gratis maupun berbayar.

Dengan mengikuti pelatihan serta pelajaran tersebut, waktu anak di rumah menjadi lebih produktif.

8. Bermain game bersama

Ajak anak untuk bermain game bersama, misalnya bermain puzzle, teka-teki, atau lego. Tujuannya adalah untuk mengasah kreativitas anak di rumah.

9. Mencari teman belajar

Ketika anak melihat ada teman-teman yang giat belajar, maka itu bisa menumbuhkan motivasi dan energi positif. Orang tua bisa mencari teman belajar bagi anak di platform-platform belajar online.

10. Bantuan dari guru

Tanpa guru, mendidik anak seorang diri sangatlah pekerjaan yang berat. Sehingga, peran guru sangat penting dan berjasa dalam mencetak generasi emas.

Orang tua bisa mengundang guru ke rumah untuk les privat maupun mengajak anak te tempat bimbingan belajar untuk bertemu guru dan teman-teman barunya.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mendidik karakter serta mengembangkan potensi anak.

Sumber: explorelearning.co.uk

x
Close

Adblock Detected

Please turn off Ad Blocker