Pendidikan

7 Rekomendasi Buku Pendidikan Karakter Untuk Mencetak Generasi Emas

Buku pendidikan karakter adalah salah satu jenis buku yang dirancang khusus untuk membantu mengembangkan dan memperkuat nilai-nilai moral dan karakter positif pada anak-anak.

Buku ini berfungsi sebagai alat bantu dalam pendidikan karakter dengan tujuan membentuk pribadi yang baik, seperti bertanggung jawab, berempati, jujur, disiplin, dan memiliki norma sosial.

Buku tentang pendidikan karakter sering kali berisi kisah-kisah inspiratif yang menunjukkan nilai-nilai positif agar dapat ditiru dan diterapkan dalam kehidupan anak-anak.

Baca juga: 7 Manfaat Membaca Buku Fiksi, Salah Satunya Memperbaiki Emosional

Selain itu, buku pendidikan karakter juga dapat memuat aktivitas, pertanyaan, dan latihan yang mendorong refleksi dan interaksi aktif anak-anak dengan materi yang dipelajari.

Hal ini membantu anak-anak untuk lebih memahami dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Rekomendasi Buku Pendidikan Karakter

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi buku pendidikan karakter yang dapat dijadikan referensi untuk mendidik serta membangun karakter positif pada anak.

1. Pendidikan Karakter, Peluang Dalam Membangun Karakter Bangsa

Buku Pendidikan Karakter, Peluang Dalam Membangun Karakter Bangsa
Buku Pendidikan Karakter, Peluang Dalam Membangun Karakter Bangsa (uinkhas.ac.id)

Buku Pendidikan Karakter, Peluang Dalam Membangun Karakter Bangsa adalah karya Drs. Sofyan Tsauri, MM yang diterbitkan oleh IAIN Jember Press pada tahun 2015.

Buku ini memuat berbagai gagasan dalam upaya penguatan mutu karakter SDM agar mampu membentuk kepribadian anak yang kuat dan tangguh.

Lebih dalam lagi, buku ini menjelaskan peran pendidikan, terutama tenaga pendidik yang merupakan kunci dari keberhasilan implementasi pendidikan karakter di sekolah maupun lingkungan masyarakat.

Baca juga: 8 Buku Ini Dilarang di Sekolah Amerika, Kenapa?

2. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi

Buku Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi
Buku Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi (cvalfabeta)

Buku Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi adalah karya Dr. Heri Gunawan, S.Pd.I., M.Ag yang diterbitkan oleh penerbit Alfabeta pada tahun 2012.

Buku ini berisi konsep pendidikan karakter serta fitrah dan kepribadian manusia yang dikupas tuntas dengan unsur religius. Bisa disebut jika buku ini adalah sebagai buku pendidikan karakter religus.

Selain itu, buku ini dilengkapi pula dengan metode dan pendekatan dalam implementasi pendidikan karakter yang dapat dijadikan acuan oleh para guru dalam mendidik siswa.

3. Manajemen Pendidikan Karakter

Buku Manajemen Pendidikan Karakter
Buku Manajemen Pendidikan Karakter (gramedia)

Rekomendasi buku tentang pembentukan karakter selanjutnya adalah berjudul Manajemen Pendidikan Karakter karya H.E Mulyasa yang diterbitkan oleh Bumi Aksara pada tahun 2011.

Buku ini dapat memberi inspirasi, kesadaran, pemahaman, kepedulian, dan komitmen kita sebagai bangsa Indonesia, khususnya bagi para guru dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang berkarakter.

Pembahasan dalam buku menggambarkan bagaimana peran pendidikan karakter untuk menyiapkan generasi bangsa yang beradab dan bermartabat.

Baca juga: 5 Buku Korea Best Seller yang Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia

4. Pendidikan Karakter Berbasis Sistem Islamic Boarding School

Buku Pendidikan Karakter Berbasis Sistem Islamic Boarding School
Buku Pendidikan Karakter Berbasis Sistem Islamic Boarding School (gramedia)

Buku implementasi pendidikan karakter selanjutnya adalah berjudul Pendidikan Karakter Berbasis Sistem Islamic Boarding School karya Dr. Akhmad Syahri, M.Pd.I.

Buku ini tergolong sebagai buku pendidikan karakter dalam perspektif islam karena dilengkapi dengan kajian multidisipliner tentang pendidikan karakter berbasis sistem Islamic Boarding School.

Kemudian, kajian pendekatan yang diangkat dipadukan dalam perspektif Islam sehingga menjadikan buku pendidikan karakter Islam ini dapat diterapkan di sekolah-sekolah yang bernuansa Islam.

5. Pendidikan Karakter Peserta Didik Dalam Pendidikan Agama Islam

Buku Pendidikan Karakter Peserta Didik Dalam Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Karakter Peserta Didik Dalam Pendidikan Agama Islam (gramedia)

Buku ini menjelaskan tentang terwujudnya karakter positif bagi peserta didik yang dipengaruhi oleh peran orang tua, guru, dan pemerintah dalam mengajar dan mendidik.

Ketika sinergi ketiga unsur tersebut berjalan dengan baik, maka akan meningkatkan kemungkinan hadirnya energi positif pada karakter serta kepribadian anak.

Buku yang ditulis oleh Dr. Zubairi, M.Pd.I ini juga termasuk sebagai buku karakter religius Islami karena memasukkan beberapa informasi yang berlandaskan dari sudut pandang Islam.

6. Pendidikan Karakter di Sekolah: Teori, Praktik dan Model Kepemimpinan

Buku Pendidikan Karakter di Sekolah Teori, Praktik dan Model Kepemimpinan
Buku Pendidikan Karakter di Sekolah: Teori, Praktik dan Model Kepemimpinan (indonesiaemasgroup)

Buku karya Dr. H. Purwanto, M.Pd ini membahas secara mendalam tentang pendidikan karakter dan gagasan tentang nilai-nilai kearifan lokal.

Dari pendalaman tersebut, kemudian dirumuskan dan dapat dipraktekkan dalam pendidikan karakter di sekolah oleh para tenaga pendidik.

Buku berjudul Pendidikan Karakter di Sekolah: Teori, Praktik dan Model Kepemimpinan ini juga termasuk sebagai buku pendidikan karakter di era milenial karena diterbitkan pada tahun 2023 sehingga menjadi buku baru yang mengangkat isu-isu baru pula.

Baca juga: 6 Alasan Kenapa Ebook Lebih Mahal Dari Buku Cetak

7. Hati Pusat Pendidikan Karakter: Mencetak Generasi Bangsa Berakhlak Mulia

Buku Hati Pusat Pendidikan Karakter Mencetak Generasi Bangsa Berakhlak Mulia
Buku Hati Pusat Pendidikan Karakter: Mencetak Generasi Bangsa Berakhlak Mulia (gramedia)

Pembentukan karakter adalah salah satu tujuan yang ditegaskan dalam pendidikan nasional. Dari konsep itulah, lahir buku Hati Pusat Pendidikan Karakter: Melahirkan Bangsa Berakhlak Mulia karya Amka Abdul Aziz.

Buku ini memuat seluk-beluk serta cara mengembangkan pendiidkan karakter anak sebagai upaya melahirkan manusia terampil dan berakhlak mulia.

Itulah beberapa rekomendasi buku pendidikan karakter yang dapat digunakan oleh tenaga pendidik dalam upaya mencetak generasi emas untuk kemajuan bangsa dan negara.

Semoga artikel ini bermanfaat dan ikuti Google Berita Sastrawacana.id agar tidak ketinggalan informasi tentang pendidikan lainnya.

Author: Maulana Affandi

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker