Lifestyle

25 Istilah dalam Asuransi dan Penjelasannya yang Perlu Kamu Ketahui

Ketika membaca brosur asuransi, kadang bagi sebagian yang awam akan kebingungan dengan istilah-istilah asuransi yang tertera.

Istilah yang asing tersebut tentunya membuat kita gagal paham tentang apa yang dimaksud dalam brosur tersebut.

Baca juga: 10 Asuransi Pendidikan Anak Terbaik Lengkap Tahun 2023

Maka dari itu, buat yang ingin menggunakan asuransi, tapi masih bingung dengan istilah-istilahnya, simak penjelasannya berikut ini.

1. Asuransi

Kata asuransi adalah kata kunci utama yang berkaitan dengan topik asuransi, yakni praktik melindungi diri atau entitas lain dari risiko finansial dengan membayar premi kepada perusahaan asuransi.

2. Premi

Premi adalah jumlah uang yang harus dibayar oleh pemegang polis kepada perusahaan asuransi dalam pertukaran atas cakupan asuransi. Premi biasanya dibayarkan secara teratur, misalnya bulanan atau tahunan.

3. Pemegang Polis

Pemegang polis adalah individu atau entitas yang membeli polis asuransi dari perusahaan asuransi. Pemegang polis memiliki hak untuk mendapatkan manfaat dari polis jika terjadi kerugian atau kejadian yang dicakup.

4. Manfaat Asuransi

Manfaat asuransi adalah jumlah uang atau bentuk kompensasi lainnya yang akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi kepada pemegang polis atau penerima manfaat jika terjadi kejadian yang dicakup oleh polis asuransi.

5. Cakupan Asuransi

Cakupan asuransi merujuk pada risiko atau kejadian tertentu yang dicakup oleh polis asuransi. Berbagai jenis cakupan asuransi mencakup asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan bermotor, dan lain-lain.

6. Klaim Asuransi

Klaim asuransi adalah proses dimana pemegang polis atau penerima manfaat mengajukan permintaan kepada perusahaan asuransi untuk pembayaran manfaat karena terjadinya kejadian yang dicakup oleh polis.

7. Perusahaan Asuransi

Perusahaan asuransi adalah entitas yang menyediakan layanan asuransi. Perusahaan asuransi mengelola risiko dan mengumpulkan premi dari pemegang polis untuk membayar manfaat jika diperlukan.

8. Risiko Asuransi

Risiko asuransi adalah potensi kerugian atau kejadian yang tidak diinginkan yang dapat terjadi. Asuransi dirancang untuk membantu melindungi terhadap risiko-risiko ini.

9. Underwriting

Underwriting asuransi adalah proses evaluasi risiko oleh perusahaan asuransi sebelum menerima pemegang polis baru. Tujuannya adalah untuk menilai risiko yang terkait dengan polis yang akan diberikan.

10. Pola Klaim

Pola klaim asuransi mengacu pada frekuensi dan jumlah klaim yang diajukan oleh pemegang polis dalam suatu periode tertentu. Pola klaim mempengaruhi tarif premi di masa depan.

11. Asuransi Umum

Asuransi umum adalah jenis asuransi yang melindungi terhadap kerugian dan kerusakan properti, seperti asuransi rumah, asuransi kendaraan, dan asuransi bisnis.

12. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang memberikan cakupan medis dan kesehatan, membantu dalam pembayaran biaya perawatan medis.

13. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah asuransi yang memberikan manfaat finansial kepada keluarga atau ahli waris jika pemegang polis meninggal dunia.

14. Asuransi Berjangka

Asuransi berjangka adalah jenis asuransi yang berlaku untuk jangka waktu tertentu, seperti satu tahun. Polis ini perlu diperbarui setelah berakhirnya periode tersebut.

15. Asuransi Seumur Hidup

Asuransi seumur hidup adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan sepanjang hidup pemegang polis dan sering kali memiliki nilai investasi.

16. Dampak Teknologi pada Asuransi

Berkaitan dengan bagaimana teknologi seperti pemrosesan big data, kecerdasan buatan, dan platform digital telah mempengaruhi industri asuransi dalam penilaian risiko, pemasaran, dan klaim.

17. Regulasi Asuransi

Merujuk pada peraturan dan undang-undang yang mengatur operasi perusahaan asuransi untuk melindungi konsumen dan menjaga stabilitas pasar.

18. Kesehatan Keuangan

Bagaimana asuransi dapat membantu melindungi kesehatan keuangan seseorang atau entitas dengan memberikan perlindungan terhadap risiko finansial yang tak terduga.

19. Mitigasi Risiko

Praktik-praktik yang digunakan oleh perusahaan asuransi dan pemegang polis untuk mengurangi dampak potensial dari risiko yang terjadi.

20. Asuransi Sosial

Skema asuransi yang dikelola oleh pemerintah atau lembaga publik untuk memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat, seperti asuransi kesehatan publik atau asuransi pengangguran.

21. Excess Asuransi

Excess asuransi adalah selisih nominal atau jumlah uang yang harus dibayarkan oleh pemegang polis ketika biaya melebihi nilai klaim yang yang dijamin dalam polis asuransi.

22. Pengecualian

Pengecualian asuransi adalah kejadian atau situasi tertentu yang tidak dicakup oleh polis asuransi.

23. Endorsement

Endorsement asuransi adalah perubahan atau penyesuaian pada polis asuransi yang dapat ditambahkan atau dihapus setelah pembelian awal.

24. Tertanggung

Orang atau entitas yang diasuransikan dan memiliki kepentingan finansial dalam objek atau kejadian yang diasuransikan.

25. Rider Asuransi

Tambahan pada polis asuransi yang memberikan cakupan tambahan atau mengubah persyaratan polis.

Nah, itulah beberapa istilah-istilah dalam asuransi yang perlu diketahui agar tidak gagal paham membaca brosur serta penjelasan yang tertuang dalam aturan setiap perusahaan asuransi.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker