Lifestyle

Arti Jawir, Istilah Gaul yang Viral di Media Sosial

Seiring berkembangnya media sosial, semakin banyak bermunculan beberapa istilah baru yang kadang membingungkan, salah satunya adalah jawir.

Pernahkah kamu mendengar istilah jawir di media sosial?

Ya, belakangan ini kata jawir sering kita baca dan kita dengar di media sosial, khususnya Tiktok. Namun, meski cukup familiar, tapi masih banyak yang belum tahu apa artinya.

Lantas, apa itu jawir?

Jawir adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seseorang dengan gaya bicara yang logat Jawanya kental, alias medok.

Semisal ada orang Jawa yang berbicara dengan menggunakan Bahasa Indonesia tapi medok, maka sering disebut sebagai jawir.

Kemudian ada juga yang menyebut jawir sebagai singkatan dari Jawa Ireng yang artinya Jawa Hitam.

Sehingga, tak sedikit juga yang menggunakan istilah ini sebagai umpatan atau bahan olokan kepada orang yang kental logat Jawa atau medok.

Meski belum diketahui pasti sejak kapan istilah ini beredar, tapi ada yang menyebut jika istilah Jawir mulai populer dari tahun 80 – 90an.

Saat itu sedang maraknya transmigrasi untuk pemerataan penduduk, dimana banyak orang Jawa yang kemudian pergi ke berbagai daerah.

Namun, merujuk pada beberapa makna tersebut, penggunaan istilah jawir sebetulnya dianggap kurang sopan karena membawa ras serta suku tertentu.

Sehingga, penggunaan istilah Jawir perlu diperhatikan agar tidak menyinggung ras dan suku tertentu, meski sifatnya hanya bercanda.

Itulah arti jawir, istilah yang sedang viral di media sosial saat ini.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker