Akademis

7 Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Beserta Strukturnya

Teks eksplanasi adalah jenis teks yang bertujuan untuk menjelaskan atau memberikan pemahaman yang lebih baik tentang suatu topik, proses, fenomena, atau konsep kepada pembaca atau pendengar.

Teks ini biasanya digunakan untuk memberikan penjelasan yang lebih mendalam tentang sesuatu, menguraikan sebab-akibat, atau menyajikan informasi yang jelas dan terstruktur.

Dalam teks eksplanasi, penulis akan menguraikan detail-detail penting tentang subjeknya, menyajikan argumen atau bukti yang mendukung penjelasannya, dan memastikan informasi tersebut mudah dimengerti oleh audiensnya.

Tujuan utama teks eksplanasi adalah untuk memberikan pengetahuan atau pemahaman yang lebih baik tentang suatu topik atau fenomena tertentu.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Berikut ini adalah contoh teks eksplanasi tentang fenomena alam.

1. Contoh Teks Eksplanasi Hujan

Hujan adalah salah satu fenomena alam yang sering terjadi di Bumi. Hujan merupakan proses turunnya air dari atmosfer ke permukaan Bumi dalam bentuk butiran air atau kristal es. Hujan terjadi karena adanya proses penguapan air di permukaan Bumi yang kemudian naik ke atmosfer. Di atmosfer, air akan mengalami pendinginan dan berubah menjadi awan. Awan yang sudah terlalu berat akan turun ke permukaan Bumi sebagai hujan.

Penjelasan

Artikel Terkait

Proses terjadinya hujan dapat dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu:

Evaporasi

Evaporasi adalah proses penguapan air dari permukaan Bumi. Proses ini terjadi karena adanya panas dari sinar matahari. Air yang menguap akan naik ke atmosfer.

Kondensasi

Kondensasi adalah proses perubahan wujud air dari gas menjadi cair. Proses ini terjadi di atmosfer karena adanya penurunan suhu. Air yang mengembun di atmosfer akan membentuk awan.

Presipitasi

Presipitasi adalah proses turunnya air dari atmosfer ke permukaan Bumi. Presipitasi dapat berupa hujan, salju, es, dan lain-lain.

2. Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Bulan

Gerhana bulan adalah fenomena astronomi yang terjadi ketika bulan berada di bayang-bayang bumi. Gerhana bulan dapat terjadi karena bulan, bumi, dan matahari berada pada satu garis lurus.

Penjelasan

Gerhana bulan dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu gerhana bulan total dan gerhana bulan sebagian. Gerhana bulan total terjadi ketika seluruh bagian bulan berada di bayang-bayang bumi. Gerhana bulan sebagian terjadi ketika hanya sebagian bagian bulan yang berada di bayang-bayang bumi.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Gerhana Bulan

Terjadinya gerhana bulan dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Posisi bulan, bumi, dan matahari: Gerhana bulan hanya dapat terjadi jika bulan, bumi, dan matahari berada pada satu garis lurus.
  • Fase bulan: Gerhana bulan hanya dapat terjadi pada fase bulan purnama.
  • Kemiringan orbit bulan: Orbit bulan tidak tegak lurus terhadap orbit bumi mengelilingi matahari. Oleh karena itu, tidak setiap bulan purnama akan terjadi gerhana bulan.

3. Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Banjir adalah fenomena alam yang terjadi ketika air menggenangi daratan yang biasanya kering. Banjir dapat terjadi karena berbagai faktor, antara lain hujan yang deras dan terus-menerus, luapan sungai, dan tanggul yang jebol.

Penjelasan

Banjir dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu banjir bandang dan banjir biasa. Banjir bandang adalah banjir yang terjadi secara tiba-tiba dan bersifat merusak.

Banjir bandang biasanya disebabkan oleh hujan lebat dan deras yang disertai dengan angin kencang. Banjir biasa adalah banjir yang terjadi secara perlahan dan tidak bersifat merusak.

Banjir biasa biasanya disebabkan oleh hujan yang terus-menerus dan tidak ada saluran drainase yang memadai.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Terjadinya Banjir

Terjadinya banjir dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Curah hujan: Curah hujan yang tinggi akan meningkatkan risiko terjadinya banjir.
  • Kondisi topografi: Topografi yang miring akan meningkatkan risiko terjadinya banjir.
  • Saluran drainase: Saluran drainase yang tidak memadai akan meningkatkan risiko terjadinya banjir.
  • Aktivitas manusia: Aktivitas manusia, seperti penebangan hutan dan pembangunan di daerah resapan air, dapat meningkatkan risiko terjadinya banjir.

4. Contoh Teks Eksplanasi Gempa Bumi

Gempa bumi adalah fenomena alam yang terjadi karena pelepasan energi yang tiba-tiba dari dalam bumi. Gempa bumi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain pergerakan lempeng tektonik, aktivitas gunung berapi, dan runtuhnya gua bawah tanah.

Penjelasan

Gempa bumi dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik adalah gempa yang disebabkan oleh pergerakan lempeng tektonik. Gempa vulkanik adalah gempa yang disebabkan oleh aktivitas gunung berapi.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Terjadinya Gempa Bumi

Terjadinya gempa bumi dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Pergerakan lempeng tektonik: Pergerakan lempeng tektonik yang saling bertabrakan atau saling menjauh dapat menyebabkan gempa bumi.
  • Aktivitas gunung berapi: Aktivitas gunung berapi, seperti letusan dan erupsi, dapat menyebabkan gempa bumi.
  • Runtuhnya gua bawah tanah: Runtuhnya gua bawah tanah dapat menyebabkan gempa bumi.

5. Contoh Teks Eksplanasi Tsunami

Tsunami adalah gelombang besar yang terjadi di lautan karena adanya gangguan yang tiba-tiba di dasar laut, seperti gempa bumi, letusan gunung berapi, dan longsor bawah laut.

Penjelasan

Tsunami terjadi karena adanya gangguan yang tiba-tiba di dasar laut. Gangguan ini dapat menyebabkan air laut bergelombang dan bergerak ke arah pantai. Gelombang tsunami dapat mencapai ketinggian ratusan meter dan bergerak dengan kecepatan hingga 700 km/jam.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Terjadinya Tsunami

Terjadinya tsunami dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Kekuatan gangguan: Semakin kuat gangguan, semakin besar gelombang tsunami yang dihasilkan.
  • Kedalaman laut: Semakin dangkal laut, semakin besar gelombang tsunami yang dihasilkan.
  • Jarak dari sumber gangguan: Semakin jauh dari sumber gangguan, semakin kecil gelombang tsunami yang dihasilkan.

6. Contoh Teks Eksplanasi Angin Puting Beliung

Angin puting beliung adalah fenomena alam yang terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara yang sangat besar antara udara di permukaan bumi dan udara di atmosfer. Angin puting beliung dapat terjadi di daerah tropis dan subtropis.

Penjelasan

Angin puting beliung terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara yang sangat besar antara udara di permukaan bumi dan udara di atmosfer. Udara di permukaan bumi yang hangat dan lembap naik ke atmosfer. Saat naik, udara tersebut mendingin dan mengembun menjadi awan. Awan ini kemudian membentuk pusaran angin.

Pusaran angin ini semakin lama semakin besar dan kuat. Jika pusaran angin ini menyentuh permukaan bumi, maka akan terjadi angin puting beliung. Angin puting beliung biasanya terjadi di daerah yang memiliki cuaca panas dan lembap.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Terjadinya Angin Puting Beliung

Terjadinya angin puting beliung dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Cuaca panas dan lembap: Cuaca panas dan lembap merupakan kondisi yang ideal untuk terjadinya angin puting beliung.
  • Perbedaan tekanan udara yang sangat besar: Perbedaan tekanan udara yang sangat besar antara udara di permukaan bumi dan udara di atmosfer merupakan faktor utama yang menyebabkan terjadinya angin puting beliung.
  • Pergerakan udara yang cepat: Pergerakan udara yang cepat dapat membantu pembentukan pusaran angin yang menjadi awal terjadinya angin puting beliung.

7. Contoh Teks Eksplanasi Gerhana Matahari

Gerhana matahari adalah fenomena astronomi yang terjadi ketika bulan berada di antara matahari dan bumi. Gerhana matahari dapat terjadi karena bulan dan matahari berada pada satu garis lurus.

Penjelasan

Gerhana matahari dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu gerhana matahari total dan gerhana matahari sebagian. Gerhana matahari total terjadi ketika bulan menutupi seluruh permukaan matahari. Gerhana matahari sebagian terjadi ketika bulan hanya menutupi sebagian permukaan matahari.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Terjadinya Gerhana Matahari

Terjadinya gerhana matahari dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:

  • Posisi bulan, matahari, dan bumi: Gerhana matahari hanya dapat terjadi jika bulan, matahari, dan bumi berada pada satu garis lurus.
  • Fase bulan: Gerhana matahari hanya dapat terjadi pada fase bulan baru.
  • Kemiringan orbit bulan: Orbit bulan tidak tegak lurus terhadap orbit bumi mengelilingi matahari. Oleh karena itu, tidak setiap bulan baru akan terjadi gerhana matahari.

x

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker