Pendidikan

Mengenal Apa Itu SSA 24 Jam yang Sedang Viral di Jember

Baru-baru ini informasi seputar SSA 24 jam di Jember seliweran di media sosial, seperti Instagram dan Tiktok.

Salah satu penyebab viralnya SSA 24 jam adalah memicu kontroversi, dimana ada pihak yang setuju dan tidak setuju.

Apa itu SSA 24 jam?

SSA 24 jam adalah Sistem Satu Arah selama 24 jam yang diberlakukan pemerintah setempat dalam mengatasi kemacetan lalu lintas dan meningkatkan keselamatan berkendara.

Dalam hal ini, SSA 24 jam akan diberlakukan di empat ruas jalan kawasan Unej, yaitu Jalan Jawa, Kalimantan, Mastrip, dan Jalan Riau.

SSA 24 jam Jember masih dalam proses uji coba yang rencananya akan dilakukan selama sebulan.

Sebelumnya, uji coba ini hanya dilakukan pada jam-jam tertentu, namun sejak Sabtu (28/10/2023), SSA diberlakukan selama 24 jam penuh.

Jika nanti ternyata didapati SSA 24 jam berhasil mengatasi masalah kemacetan, maka ada potensi akan diterapkan secara permanen di kawasan Kampus Jember tersebut.

Namun, kendati hasilnya cukup baik dalam kelancaran lalu lintas, tak menutup kemungkinan juga akan ada opsi lain dari pemerintah setempat, melalui Dishub.

Sebab, saat ini masih dalam tahapan uji coba yang belum diketahui bagaimana keputusan finalnya nanti.

Dalam tahapan uji coba ini, ada beberapa aturan yang coba diterapkan, seperti posisi parkir sepanjang Jalan Jawa dan marka parkir, tujuannya agar tidak ada lagi yang parkir sembarangan.

Kemudian, pihak Dishub juga sudah saling berkomunikasi dengan pihak kampus terkait uji coba program baru ini.

Kendati menuai berbagai kritik, baik secara langsung maupun di media sosial, pihak penyelenggara uji coba SSA 24 jam akan menjadikan kritik tersebut sebagai masukan serta mengucapkan terima kasih kepada semua pihak.

Adblock Detected

Harap Matikan Ad Blocker :)